Tips agar Mata Anda Tetap Sehat Akibat Efek Smartphone dan Komputer

Tanggal: 4 Jul 2018 21:39 wib.
Tampang.com - Mungkin banyak orang yang kurang peduli atau memperhatikan kesehatan mata kita, padahal mata merupakan salah satu indra yang penting dan pelu dijaga kesehatannya. Penggunaan smartphone yang saat ini hampir dipegang di semua kalangan usia menjadikan salah satu penyebab sakitnya mata kita bahkan bisa mengakibatkan kebutaan.

Bagi para pekerja atau karyawan kantoran terutama yang selalu berhadapan dengan komputer, efek radiasi sinar komputer bisa mengancam kesehatan mata kita jika kita tidak memperhatikan bagaimana cara menjaga kesehatan mata yang baik.

Berikut ini beberapa tips agar kesehatan mata kita selalu terjaga dan tidak menimbulkan masalah kesehatan mata di kemudian hari.

Jaga Jarak Pandang Mata



Tak sedikit orang terutama pada anak-anak yang melihat smartphone selama berjam-jam apalagi dengan jarak dekat dan tiduran. Ini sangat beresiko terhadap kesehatan mata. Jaga jarak mata dengan smartphone agar radiasi sinar smartphone tidak merusak mata kita. Demikian juga bagi yang berhadapan dengan komputer, ada baiknya jarak pandang mata diperhatikan agar radiasi sinar komputer tidak terlalu tinggi.

Istirahatkan Mata Sejenak



Istirahatkan mata sejenak jika mata sudah terasa pedih dan berair. Itu tandanya mata kita butuh istirahat dan sudah terlalu merah. Banyak kasus terutama pada anak-anak yang sampai matanya merah karena terlalu lama melihat smartphone. Hal ini sangat rentan sekali terhadap kesehatan mata anak.

Gunakan Obat Tetes Mata dan jangan Mengucek Mata



Gunakan obat tetes mata jika mata terasa perih atau gatal. jangan mengucek mata saat kondisi mata seperti deikian karena akan menambah rasa gatal di mata. Jika tidak ada obat tetes mata, cucilah mata dengan air yang bersih sebanyak mungkin.

Konsumsi Sayuran dan Buah yang Mengandung Vitamin Mata



Ada baiknya anda mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin A. Sayuran seperti wortel dan bayam baik untuk kesehatan mata kita, untuk buah bisa anda konsumsi Melon untuk menjaga kesehatan mata kita.

Gunakan Alat Bantu Mata

Jika anda sudah merasakan penglihatan mulai berkurang karena sinar smartphone atau komputer, ada baiknya anda gunakan alat bantu mata seperti kacamata anti sinar ultra violet. Ini sangat membantu anda mengurangi efek radiasi pada smartphone maupun komputer.

Jaga kesehatan mata anda, jangan remehkan karena mata merupakan indra penting dalam kehidupan anda.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved