Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anda dengan Mengkonsumsi Cokelat!

Tanggal: 3 Jul 2017 22:12 wib.
Biji kakao adalah sumber flavanols yang kaya: kelas senyawa alami yang memiliki efek neuroprotektif.

Dalam publikasi terakhir di Frontiers in Nutrition, peneliti Italia memeriksa literatur yang tersedia untuk efek pemberian flavanols kakao pada domain kognitif yang berbeda. Dengan kata lain: apa yang terjadi pada otak anda pada beberapa jam setelah anda memakan flavanol kakao, dan apa yang terjadi bila anda mempertahankan makanan flavanol coklat yang kaya untuk jangka waktu lama?

Peserta uji menunjukkan, antara lain, peningkatan kinerja memori kerja dan pemrosesan informasi visual yang lebih baik setelah memiliki flavanol kakao. Dan bagi wanita, makan coklat setelah malam kurang tidur total justru menangkal gangguan kognitif (yaitu kurang ketepatan dalam melakukan tugas) yang bisa dilakukan malam itu. Hasil yang menjanjikan bagi orang yang menderita kekurangan tidur kronis atau bagi mereka yang mendapatkan shift kerja.

Efek konsumsi flavanols kakao yang relatif lama (berkisar antara 5 hari sampai 3 bulan) umumnya telah diteliti pada orang lanjut usia. Ternyata bagi mereka kinerja kognitif meningkat sejalan dengan konsumsi flavanol biji kakao setiap hari. Faktor-faktor seperti perhatian, kecepatan pemrosesan, memori kerja, dan kefasihan verbal sangat terpengaruh. Efek ini, bagaimanapun, paling terasa pada orang dewasa yang lebih tua dengan penurunan memori awal atau gangguan kognitif ringan lainnya.

Dan inilah hasil yang paling tak terduga dan menjanjikan menurut penulis Valentina Socci dan Michele Ferrara dari Universitas L'Aquila di Italia. "Hasil ini menunjukkan potensi flavanols kakao untuk melindungi kognisi pada populasi rentan dari waktu ke waktu dengan meningkatkan kinerja kognitif. Jika anda melihat mekanisme yang mendasarinya, flavanol kakao memiliki efek menguntungkan untuk kesehatan kardiovaskular dan dapat meningkatkan volume darah serebral pada gyrus dentate dari Hippocampus Struktur yang mana ini sangat dipengaruhi oleh penuaan dan oleh karena itu sumber potensial penurunan memori terkait usia pada manusia. "

Jadi apakah sebaiknya kakao menjadi suplemen makanan untuk meningkatkan kognisi kita? Asupan coklat secara teratur memang dapat memberikan efek menguntungkan pada fungsi kognitif dari waktu ke waktu. Namun, ada potensi efek samping dari makan coklat dan coklat, yang umumnya terkait dengan nilai kalori coklat, beberapa senyawa kimia inheren dari kakao. Tanaman seperti kafein dan theobromine, dan berbagai aditif yang kita tambahkan ke coklat seperti gula atau susu. "

Meskipun demikian, para ilmuwan adalah yang pertama mempraktikkannya: “Cokelat hitam adalah sumber flavanol yang kaya. Jadi, pastikan kita selalu makan cokelat hitam setiap hari.”

 

Sumber: frontiersin.org
Copyright © Tampang.com
All rights reserved