Sumber foto: iStock

Termasuk Smoothie, 8 Minuman Ini Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

Tanggal: 8 Sep 2024 15:35 wib.
Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol, termasuk mengatur pola makan, aktivitas fisik, serta mengonsumsi obat penurun kolesterol. Namun, selain dari faktor-faktor tersebut, minuman juga dapat membantu untuk mengurangi atau menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Di antara jenis minuman tersebut, berikut adalah 8 minuman yang memiliki senyawa baik untuk mengurangi kadar kolesterol:

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang memiliki kemampuan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan bahwa pemberian air minum yang diresapi dengan katekin dan epigallocatechin gallate pada tikus berhasil menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 14,4% dan 30,4% pada dua kelompok tikus yang diberi diet tinggi kolesterol setelah 56 hari. Selain itu, teh hitam juga dapat memiliki dampak positif pada kolesterol meskipun pada tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan teh hijau.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai dapat menjadi pilihan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Susu kedelai mengandung hanya 80 kalori dan 2 gram lemak dalam satu cangkirnya. Mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung menurut Food and Drug Administration (FDA).

3. Oat

Oat mengandung oat beta-glukan yang dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal. Sebuah tinjauan pada tahun 2018 menemukan bahwa susu oat membantu mengurangi kolesterol secara lebih konsisten daripada produk oat semi-padat atau padat. Segelas 250 ml susu oat dapat menyediakan 1 gram beta-glukan.

4. Jus Tomat

Tomat kaya akan senyawa likopen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Konsumsi jus tomat setiap hari selama dua bulan terbukti berhasil menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Smoothie Berry

Smoothie buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry rendah lemak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena kandungan antioksidannya. Campurkan buah beri dengan susu rendah lemak atau yogurt dan air dingin untuk membuat smoothie.

6. Minuman Mengandung Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol adalah senyawa kimia penting yang terdapat dalam membrane sel tanaman tertentu. Kandungan minuman yang mengandung senyawa tersebut dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol dalam usus.

7. Minuman Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung kakao yang kaya antioksidan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Namun, perlu diingat untuk memilih cokelat dengan kadar kakao 75-80% untuk mendapatkan manfaatnya.

8. Smoothie Susu Nabati

Susu nabati seperti susu kedelai atau susu gandum dapat digunakan sebagai bahan utama smoothie untuk menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol.

Selain minuman yang membantu menurunkan kolesterol, ada baiknya juga untuk menghindari minuman yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, seperti minuman tinggi lemak jenuh, susu tinggi lemak, dan minuman manis dengan tambahan gula.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved