Terlalu Banyak Olahraga Ternyata Bisa Menimbulkan Banyak Masalah Kesehatan

Tanggal: 15 Des 2017 12:56 wib.
Olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara rutin memang sangat disarankan karena untuk menunjang kesehatan tubuh. Banyak ahli kesehatan yang mengatakan jika kurangnya melakukan kegiatan fisik akan sangat berdampak terhadap munculnya berbagai macam penyakit.

Saat ini semakin banyak orang yang menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan sehingga mereka gemar berolahraga. Tapi sayangnya terkadang olahraga yang dilakukan tidak teratur dan bahkan cenderung berlebihan yang justru akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Menurut Step to Health, Kamis (14/12/2017), ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh tubuh jika seseorang terlalu banyak olahraga, berikut ulasannya :

1. Detak Jantung Meningkat

Detak jantung yang semakin cepat dan meningkat di pagi hari bisa jadi disebabkan karena terlalu berlebihan dalam berolahraga. Cara mengetahuinya bisa dengan melakukan pemeriksaan rutin dan cari tahu apakah detak jantung meningkat secara drastis atau masih dalam kondisi normal.

2. Nyeri Otot

Jika merasakan ada anggota tubuh yang mengalami nyeri otot, sebaiknya Anda menunda untuk melakukan olahraga karena rasa nyeri itu bisa terjadi saat seseorang terlalu banyak olahraga. Nyeri otot ini bisa disertai dengan kesemutan, kram otot dan kejang otot.

3. Lemas dan Kelelahan

Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik juga bukan berarti tubuh selalu menjadi kuat, justru akan merasa lemas karena butuh waktu lama untuk merevitalisasi otot yang mengalami cedera selama berolahraga. Sebaiknya lakukan olahraga secukupnya agar tidak mengalami kelelahan, olahraga ideal yaitu sekitar 30 menit setiap harinya.

4. Susah Tidur

Insomnia atau gangguan tidur juga bisa terjadi saat seseorang terlalu banyak olahraga. Hal ini terjadi karena produksi hormon stress yang meningkat akibat terlalu banyak olahraga.

5. Stress

Sebagian orang yang melakukan olahraga secara intens sering mengalami depresi dan mudah sedih. Kesedihan dan frustrasi ini tidak bisa diatasi dengan berolahraga melainkan harus banyak beristirahat dan melakukan aktivitas lainnya.

6. Emosional

Salah satu tanda orang selalu merasa kesal, marah dan murung yaitu karena terlalu banyak olahraga. Walaupun olahraga dikatakan mampu mengurangi ketegangan dan mengurangi stress tapi jika dilakukan secara berlebihan efeknya bisa sebaliknya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved