Tahukah Anda Perbedaan Es air Matang dan Es air Mentah?

Tanggal: 7 Sep 2017 06:48 wib.
Tampang.com- Banyak warung makanan yang nakal dengan menghidangkan minuman segar tapi es batunya terbuat dari air mentah. Kalau dari air mentah tentu berbahaya, apalagi dari air kotor yang hanya diberi pemutih. Jadi, kita harus jeli dalam membedakannya.

Es batu yang terbuat dari air mentah mengandung banyak bakteri e-coli. Bakteri ini banyak dijumpai pada air minum yang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Apalagi bila pada es batu yang terbuat dari air mentah dimana bakteri ini belum tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus. Bahayanya bakteri ini bagi tubuh adalah selain dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius, merusak ginjal dan melemahkan dinding usus pada anak kecil.

Memang sangat sulit untuk bisa membedakan es batu yang terbuat dari air mentah ataupun matang. Berikut cara membedakan es batu yang terbuat dari air mentah atau matang seperti dirangkum dari berbagai sumber :

Es Batu dari Air Mentah




Terdapat banyak penggumpalan di bagian tengah atau bagian sisi dari es batu, jadi warna es batu akan dominan putih seperti susu. Penggumpalan ini terjadi karena pada air mentah banyak gas yang masih terjebak di dalam air kemudian terbekukan.
 Umumnya dibuat dalam bentuk balok balok besar
·Bila dicium akan terasa kurang segar dibanding es batu air matang
 Seringkali didapatkan kotoran
· Bila dicolek lalu dicicipi, es batu dari air yang berbahaya akan terasa pahit


 

Es Batu dari Air Matang





  Hanya sedikit gumpalan gas sehingga es berwarna dominan bening. Proses perebusan akan           melepaskan gas-gas dalam air sehingga sedikit sekali yang terjebak dalam proses pembekuan
· Umumnya dibuat dalam bentuk bungkusan plastik atau cube-cube kecil
· Bila dicium akan terasa segar
· Jernih dan tidak didapati kotoran
   Bila dicolek lalu dicicipi, es batu dari air matang akan terasa seperti air minum biasa
· Selain itu ketika pendinginan terjadi sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan        udara dalam air berkurang.  Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube.
· Es kristal ini memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang, selain itu sekarang ini sudah banyak  dijumpai di berbagai restoran. Es batu jenis ini aman dikonsumsi dan tidak beresiko memiliki   kandungan bakteri didalamnya karena air yang dipakainya adalah air matang.


Nah sekarang tentu Anda sudah mengetahui dan bisa membedakan mana es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang. Semoga bermanfaat.(SIS)

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved