Studi: Keringat Sauna Menyebabkan Tekanan Darah Rendah

Tanggal: 10 Okt 2017 16:42 wib.
Tampang.com - Pemandian sauna yang sering terjadi mungkin meningkatkan kesehatan jantung mereka saat mereka berkeringat, demikian sebuah penelitian baru.

Mempelajari lebih dari 1.600 pria paruh baya di Finlandia, para periset menemukan bahwa mereka yang mandi sauna empat sampai tujuh kali seminggu mengurangi risiko tekanan darah tinggi hampir setengahnya, dibandingkan dengan pemandian sauna sekali seminggu.

"Mandi sauna dapat menurunkan tekanan darah sistemik melalui mekanisme biologis yang berbeda," kata peneliti Jari Laukkanen, seorang profesor di Universitas Finlandia Timur, dan rekannya.

Di sauna, suhu tubuh Anda naik, pelebaran pembuluh darah. Seiring waktu, hal ini nampak memperbaiki fungsi lapisan dalam pembuluh darah, para peneliti menjelaskan. Mandi sauna juga mengeluarkan cairan dari tubuh melalui keringat, dan merilekskan tubuh dan pikiran, para peneliti menambahkan.

Tim peneliti menggunakan data dari tindak lanjut pada pria berusia rata-rata 22 tahun. Selama waktu itu, sekitar 15 persen peserta mengembangkan tekanan darah tinggi.

Dibandingkan dengan pria yang memiliki sauna hanya sekali seminggu, risiko tekanan darah tinggi 46 persen lebih rendah pada mereka yang memiliki sauna empat sampai tujuh kali seminggu.

Risiko tekanan darah tinggi 24 persen lebih rendah pada mereka yang memiliki sauna dua sampai tiga kali seminggu, menurut penelitian tersebut.

Namun, penelitian ini hanya menemukan hubungan antara tekanan darah yang lebih baik dan penggunaan sauna rutin, bukan hubungan sebab-akibat langsung.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Periset yang sama sebelumnya menemukan bahwa sauna sering mengurangi risiko kematian dan kematian terkait jantung dari semua penyebab.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved