Sleep Apnea Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Alzheimer

Tanggal: 11 Nov 2017 13:44 wib.
 Jika tidur Anda terus terganggu oleh kondisi yang disebut sleep apnea, Anda mungkin menghadapi kemungkinan lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer di jalan.

Jadi klaim sebuah studi baru yang menghubungkan apnea tidur dengan peningkatan perkembangan amyloid plaque di otak, ciri penyakit Alzheimer.

Para peneliti menemukan bahwa semakin parah apnea tidur, semakin banyak akumulasi plak.

"Sleep apnea sangat umum di kalangan orang tua, dan banyak yang tidak sadar mereka memilikinya," kata peneliti senior Dr. Ricardo Osorio. Dia adalah asisten profesor psikiatri di New York University School of Medicine di New York City.

Diperkirakan 30 persen sampai 80 persen orang tua menderita sleep apnea, tergantung pada bagaimana hal itu didefinisikan, penulis penelitian mencatat.

Meskipun tidak ada peserta yang mengembangkan Alzheimer selama dua tahun penelitian ini, mereka yang menderita apnea tidur mengakumulasi amyloid plak, yang dapat memicu Alzheimer di masa depan, kata Osorio.

Apnea tidur terjadi saat Anda memiliki satu atau lebih jeda saat bernafas atau napas dangkal saat tidur.

Jeda tersebut bisa berlangsung beberapa detik sampai beberapa menit, dan bisa terjadi 30 kali atau lebih satu jam. Pernapasan normal biasanya dimulai lagi, kadang dengan dengusan keras atau suara tersedak, menurut Institut Hati, Paru, dan Darah A.S. Nasional.

Penyakit Alzheimer adalah kondisi fatal dimana ingatan memburuk dari waktu ke waktu. Alzheimer mempengaruhi sekitar 5 juta orang Amerika yang lebih tua, dan seiring dengan jutaan usia baby boomer, jumlah itu hanya akan bertambah.

Osorio menyarankan agar merawat apnea tidur kemungkinan akan mengurangi akumulasi amyloid plak dan juga risiko Alzheimer.

Tidur diperlukan otak untuk membersihkan amyloid, jelas Osorio. "Saat tidur, otak melakukan pekerjaan rumah tangga dan membersihkan beberapa protein yang terakumulasi di siang hari, termasuk amiloid," katanya.

Tapi apnea tidur menghalangi otak dalam upayanya untuk membersihkan plak ini, tambahnya.

Untuk memahami efek apnea tidur terhadap perkembangan plak otak, Osorio dan rekan mempelajari 208 pria dan wanita, berusia antara 55 sampai 90 tahun, yang tidak menderita demensia.

Para peneliti mengumpulkan sampel cairan tulang belakang peserta untuk mengukur protein yang mengindikasikan perkembangan plak, dan melakukan pemindaian PET untuk mengukur jumlah plak di otak peserta.

Secara keseluruhan, lebih dari 50 persen peserta mengalami sleep apnea. Hampir 36 persen menderita apnea tidur ringan, dan sekitar 17 persen memiliki apnea tidur sedang sampai sedang.

Selama dua tahun masa tindak lanjut, tim Osorio menemukan bahwa di antara 104 peserta, mereka yang menderita apnea tidur yang lebih parah memiliki tanda-tanda pada cairan tulang belakang mereka yang mengindikasikan perkembangan plak otak.

Kelompok Osorio mengkonfirmasi peningkatan plak ini dengan memberikan pemindaian PET ke beberapa pasien. Pemindaian menunjukkan adanya peningkatan plak amiloid di antara mereka yang menderita sleep apnea.

Meski kenaikan plak terlihat, ini tidak memprediksi penurunan mental, kata para peneliti.

Temuan ini dipublikasikan secara online pada 10 November di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine.

Osorio mencatat bahwa penelitian ini terlalu singkat untuk menentukan siapa yang mungkin terus mengembangkan Alzheimer, namun para periset terus mengikuti peserta untuk melihat apakah demensia berkembang.

Seorang ahli Alzheimer mengatakan bahwa link tersebut masuk akal.

"Kami pikir kelainan tidur merupakan aspek penting dalam perkembangan penyakit ini, dan mereka juga bisa diobati," kata Dean Hartley. Dia adalah direktur inisiatif sains di Asosiasi Alzheimer.

Orang yang menderita sleep apnea harus menjalani pemeriksaan tidur penuh dan mendapat perawatan, kata Hartley.

"Orang sering bertanya apa yang bisa mereka lakukan sekarang untuk mencegah Alzheimer," katanya. "Inilah salah satu hal yang bisa mereka lakukan sekarang."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved