Simak Di Sini Beberapa Faktor Penyebab Terhambatnya Proses Kehamilan

Tanggal: 6 Jul 2021 11:44 wib.
Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya mendambakan kehadiran buah hati. Bagi sebagian pasangan tanpa kehadiran buah hati dapat membuat kehidupan rumahtangga terasa belum lengkap dan belum sempurna. Pada sebagian pasangan, kehamilan bisa datang dengan mudah. Dan pada sebagian pasangan lainnya ada yang membutuhkan usaha lebih banyak agar dapat bisa hamil. Sebagai solusinya maka akan melakukan upaya untuk menjalankan program hamil . Tidak perlu menunggu waktu bertahun-tahun untuk memulai program hamil. Bahkan pasangan muda yang baru menikah beberapa bulan dapat dilakukan jika memang ingin segera memiliki keturunan. Kini sudah ada sederet upaya yang bisa dilakukan untuk mempercepat terjadinya kehamilan. Baik secara alami maupun secara buatan dengan menggunakan teknologi.



Kehamilan adalah proses yang sangat kompleks dan ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Sebagian wanita ada yang bisa cepat hamil dan ada pula wanita yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat hamil. faktanya untuk terjadinya kehamilan ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Beberapa hal yang dapat menghambat proses kehamilan di antaranya adalah :


Terlalu jarang atau sering melakukan hubungan intim


Jika anda dan pasangan berpikir bahwa dengan jarang berhubungan intim bisa membuat jumlah sperma lebih banyak, itu adalah anggapan yang salah. Karena frekuensi melakukan hubungan intim tidak mempengaruhi jumlah sperma yag diproduksi. Hubungan intim yang terlalu sering akan membuat kualitas sperma menjadi menurun. Apalagi sperma membutuhkan waktu beberapa hari untuk berreproduksi lagi. Sebaliknya jika terlalu sering berhubungan intim bisa menjadi salah satu penyebab gagal hamil. Kok bisa begitu ya? Bisa saja karena terlalu sering berhubungan bisa membuat anda dan pasangan mearsa bosan dan tidak tertarik.Terlalu sering berhubungan intim juga berpotensi membuat stres, smentara stres bisa menjadi salah satu faktor utama penyebab anda sulit hamil.


Waktu ovulasi terlewat


Penyebab lainnya gagal hamil adalah melewatkan masa subur da ovulasi. Cara utukmengetahui yaitu dengan cara menghitung masa subur agar bisa memperkirakan waktu. Perlu diketahui jika sperma hingga 5 hari di dalam tubuh.Dengan begitu setidaknya anda dan pasangan melakukan hubungan intim dengan retang waktu tiga hari sebelum ovulasi. Sel telur dapat bertahan selama 24 jam dan jika anda terlewat cobalah di bulan berikutnya. Catat periode menstruasi dan cobalh utnuk menghitung masa subur.


Stres bisa menjadi penyebab gagal hamil


Stres dapat mempengaruhi hormon reproduksi yang berda di dalam tubuh. Hingga akhirnya akan berdampak pada proses terjadinya kehamilan sebagai tand terjadinya pembuahan gagal. Stres dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus yakni kelenjar di otak yang dapat mengatur nafsu makan dan emosi. Kelejar ini juga bisa mengatur hormon yang memacu pelepasan sel telur. 


Penggunaan pelumas bisa mejadi penyebab gagal hamil


Menggunaka pelumas ketika melakukan hubungan intim dapat menjadi penyebab gagal hamil. Karena pelumas dapat merusak serta mengganggu kemampuan sperma untuk bergerak meuju rahim dan membuahi sel telur. Dan tidak haya itu, pH yang dimiliki pelumas kurang sesuai dengan sperma sehingga dapat menyebabkan sperma mati. Dengan matinya sperma sebelum berhasil membuahi sel telur maka itu berarti pembuahan gagal, selain itu juga kekentalann dari pelumas akan membuat sperma sulit untuk bergerak.


Gaya hidup kurang sehat


Jika anda masih merokok, meminumm alkohol dan bahkan tidak menjaga asupan nutrisi dengan baik akan dapat mempengaruhi hormon sehingga menjadi penyebab gagal hamil.


Kelebihan atau kekurangan berat badan


Jika mengalmi kekurangan aupun kelebihan berat badan bisa menyebabkan kesulitan untuk hamil. Terlalu kurus ataupun kelebihan berat badan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mempengaruhi ovulasi. Di sisi lain kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan mestruasi serta ketidkaseimbangan hormon. Semakin jauh berat badan anda dari ukuran normal akan berpengaruh pada kegagalan proses hamil.



Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mengapa tidak kunjung hamil. Lantas bagaimana cara program hamil yang benar agar dapat segera memiliki momongan? Nah, bagi anda da pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan dengan menjalankan program hamil yang benar simak ulasannya di situs https://bocahindonesia.com/program-hamil-tepat/. 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved