Sumber foto: iStock

Simak! 4 Tips Jalani Diet yang Sehat tanpa Menyiksa

Tanggal: 18 Sep 2024 05:10 wib.
Menjalani program diet tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Salah menjalani diet dapat menjadi bumerang dan berat badan dapat semakin bertambah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar diet berjalan lancar, aman, dan tidak menyiksa. Tidak hanya tentang mengurangi porsi atau jenis makanannya saja, tetapi diet sehat harus dilakukan dengan strategi yang tepat.

Menurut laman Nova Medical News, terdapat beberapa kiat dalam menjalani diet yang sehat.

1. Seimbangkan pola makanan

Pada dasarnya, semua jenis makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, meskipun sedang menjalani diet. Hanya saja, Anda perlu mengatur porsi masing-masing dengan baik. Dalam menjalani diet sehat, pastikan harus terdiri dari 45% karbohidrat, 30% protein, dan 35% lemak sehat untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup setiap hari.

Selain itu, keseimbangan dalam menggunakan jenis makanan berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya, mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau kentang diimbangi dengan protein nabati atau hewani serta lemak sehat dari kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

Sumber pangan yang direkomendasikan dalam diet seimbang adalah daging rendah lemak, produk susu rendah lemak, serta kacang-kacangan yang dapat memberikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh. Mengatur porsi dengan baik akan memastikan tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tanpa kelebihan kalori yang akan menjadi penyebab kenaikan berat badan.

2. Hindari junk food atau makanan olahan

Agar diet berjalan sukses, hindarilah mengonsumsi makanan olahan atau junk food. Kandungan dalam junk food disebut sebagai penyebab dari berbagai jenis penyakit. Umumnya, junk food memiliki kalori yang lebih tinggi dan sebagian besar juga mengandung garam hingga lemak yang berlebih.

Makanan olahan juga mengandung banyak bahan pengawet buatan, yang akan membuat Anda merasa lemas sepanjang hari. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta protein nabati dan hewani yang sesuai dengan kebutuhan tubuh akan memberikan nutrisi yang lebih baik bagi tubuh.

3. Makanan berwarna-warni itu baik

Menambahkan variasi warna pada menu diet Anda dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Sayuran hijau dan buah-buahan berwarna cerah dalam menu diet tidak hanya akan membuat tubuh sehat, tapi juga membantu menjaga berat badan ideal. Sayuran dan buah-buahan kaya akan antioksidan, serat, vitamin, dan mineral yang ampuh meningkatkan energi dan membuat Anda termotivasi untuk menjalani hari.

Konsumsi buah dan sayuran yang berwarna cerah seperti wortel, brokoli, blueberry, strawberry, dan mangga secara teratur dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan. Misalnya, antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna cerah dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan menjaga kesehatan jantung serta kesehatan kulit.

4. Makan secara teratur

Melewatkan waktu makan bukan solusi yang tepat dalam mewujudkan diet yang sehat. Alih-alih membuat berat badan menjadi ideal, menunda waktu makan justru akan membuat makan jadi berlebihan karena kelaparan. Hal itu tentu saja akan mengacaukan rencana diet sehat Anda. Makan tiga kali sehari diperbolehkan saat diet, asal Anda memperhatikan aturan porsi yang tepat.

Jika ingin mengurangi porsi makan, cobalah membagi tiga waktu makan besar menjadi enam kali makan dengan porsi lebih kecil. Namun, hindarilah makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Perencanaan makan yang teratur juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah merasa lapar berlebihan, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, pastikan Anda selalu sarapan dengan makanan yang mengandung protein dan serat agar bisa kenyang hingga siang hari. Sarapan yang sehat juga akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, memberikan energi untuk aktivitas sehari-hari, serta mengurangi keinginan untuk ngemil dengan camilan tidak sehat.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved