Salah Cara Diet? Berikut 7 Cara Diet Sehat yang Efektif

Tanggal: 10 Mar 2018 04:45 wib.
Memiliki tubuh yang ideal dan sehat adalah keinginan semua orang. Namun, sebagian orang cukup kesulitan mendapatkan tubuh yang ideal terutama pada berat badan yang ideal. Ada orang yang tak menyadari jika berat badannya semakin naik karena tidak disiplin mengonsumi makanan yang mengandung kalori tinggi, akibatnya berat badan menjadi tak ideal.

Namun, ada juga orang yang penyebab berat badannya tak ideal karena menurun dari orangtua. Apapun penyebabnya, sebagian besar orang kurang percaya diri jika memiliki berat badan yang tak ideal terutama wanita. Saat memiliki berat badan yang berlebihan, hal tersebut dapat menurunkan rasa percaya diri mereka.

Salah satu cara paling baik untuk mengatasi berat badan tentu saja dengan diet. Akan tetapi berbicara diet, indikator bahkan cara setiap orang berbeda. Perbedaan cara diet ini pun mempengaruhi hasil diet berhasil atau tidak.

Ada orang yang ketika melakukan diet, mereka mengingin kecepatan dan memaksa diri agar dalam waktu yang cepat mendapatkan berat badan yang ideal misalnya dengan perubahan pola makan yang drastis. Akibatnya terjadi kemerosotan terhadap kesehatan tubuh karena kekurangan nutrisi. Selain itu dapat mengakibatkan tubuh menjadi cepat mengalami kelelahan, jaringan otot yang rusak karena diet ekstrim, dehidrasi dan lain sebagainya.

Diet bukanlah tentang percepatan. Tetapi diet adalah tentang disiplin diri, menahan diri dari godaan lezat yang dapat membuat berat tubuhmu naik dalam waktu singkat. Bukan mengenai kamu makan dengan porsi yang sekecil-kecilnya, tetapi makanan ringan justru tetap jalan, akibatnya berat badanmu pun tak kunjung mengalami penurunan. Makanan ringan pun jangan abaikan, karena bisa saja mengandung lebih banyak kalori dibanding makanan utama. Sebelum makan makanan ringan cari tahu jumlah kalorinya.

Untuk itu, jika memilih sebagai jalan untuk menurunkan berat badanmu, pilihlah diet yang sehat bukan diet percepatan. Berikut tips diet sehat yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan juga menyehatkan.

1. Tentukan target

Cari tahu makanan penyebab berat badanmu naik begitu drastis. Kemudian tulislah daftar makanan berkalori tinggi yang biasa kamu makan tersebut. setelah itu, tentukan target kamu mau berhenti konsumsi makanan tersebut satu persatu dengan cara perlahan dan konsisten.

2. Minum banyak air putih

Sudah bukan rahasia jika air putih sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan kekurangan air putih dapat menyebabkaan dehidrasi yang bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan tubuh. Minum air putih setidaknya 8 gelas dalam satu hari. Dengan meminum banyak air putih, secara otomatis lambungmu tetap terisi dan hal ini dapat membuat kamu tidak cepat lapar.

3. Olahraga

Jika ingin dietmu berhasil, maka tak alasan bagi kamu tidak punya waktu untuk berolahraga. Sempatkanlah dirimu berolahraga agar lemak yang berlebihan dalam tubuhmu terbakar dan membuat berat badanmu menurun. Lakukanlah olahraga seperti jogging, senam aerobi, atau pun olahraga lainnya yang cocok denganmu. Untuk mendapatkan hasil yang ideal, lakukanlah secara rutin.

4. Ganti karbohidrat dengan karbohidrat komplek

Jika selama ini sumber karbohidrat bagi tubuhmu adalah nasi, mie, dan sejenisnya, maka coba gantilah sumber karbohidrat yang kamu konsumsi dengan gandum, kacang-kacangan, beras merah dan lainnya.

5. Mengurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Makanan siap saja, makanan kemasan, dan makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi bahan pengawet serta garam. Jadi sebaiknya dikurangi ataupun dihindari saat kamu sedang berupaya melakukan diet sehat dan alami.

6. Kurangi porsi makan

Jika salama ini kamu memiliki kebiasaan makan dengan porsi yang banyak, cobalah untuk mengurangi porsi makanmu tersebut secara perlahan. Kurangi porsi makanmu dan lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

7. Pola makan malam hari

Terakhir, perhatikan pola makanmu saat malam hari. Jika biasanya kamu makan sama seperti saat di siang hari jumlah kalorinya bahkan lebih, maka tahanlah dirimu untuk itu. Karena justru saat malam hari kamu mengonsumsi makanan yang jumlah kalorinya banyak itu sangat rentan menaikkan berat badan. Jangan makan yang mengandung banyak minyak. Pilihlah jenis makanan hijau seperti sayuran ataupun ganti dengan buah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved