Rahasia Secangkir Kopi

Tanggal: 15 Jan 2018 18:37 wib.
Pagi yang nikmat adalah ketika terbangun dengan mencium aroma kopi hangat. Belum bisa memulai hari rasanya jika belum menikmati segelas kopi. My coffee, my day! Banyak kuotes yang menyebutkan betapa kopi adalah minuman yang seakan mood booster bagi penikmatnya.

Dari beberapa responden yang memang pecinta kopi, ternyata ada berbagai alasan yang membuat mereka mencintai minuman ini.

Dengan minum kopi, perasaan lebih terasa bersemangat.
Setelah minum kopi, bisa tetap terjaga ketika kurang tidur.
Kopi kini ada banyak varian rasanya, hal ini membuat penasaran dan jadinya banyak eksplorasi rasa.
Kopi adalah teman yang pas dalam menemani aktivitas membaca misalnya.
Ketika berkumpul dengan kolega, tentunya perlu minum kopi.
Ada juga yang minum kopi untuk melancarkan metabolisme tubuh.

 

Bagi para pecinta kopi khususnya, tahukah kalian kalau kopi ternyata memang bermanfaat lho bagi kesehatan. Dengan catatan jika kopi diminum dengan membatasi penggunaan gula juga krimnya. Juga diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Kopi ternyata dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit lho. Sebut saja alzhaimer, parkinson, dan juga kanker. Kopi juga disebut juga dapat meningkatkan ingatan jangka pendek. Dengan meminum kopi, pikiran kita dapat lebih fokus. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi membantu kita untuk menangkap informasi yang kita terima.

Sebelum kita lihat manfaat kopi selanjutnya, kita lihat dulu yuk, apa sih kafein itu. Kafein adalah senyawa berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan.

Kafein dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan syaraf pusat (otak), sistem pernafasan, sistem pembuluh darah, dan jantung. Karenanya setelah minum kopi kita akan merasa segar dan tidak mudah lelah.  

Berdasarkan penelitian, ternyata kopi juga adalah salah satu antioksidan bagi tubuh. Bahkan ada yang menyebutkan antioksidannya bisa melebihi antioksidan pada buah dan sayur. Ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa kopi memang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ia juga bersifat diuretik, karenanya setelah minum kopi kita mungkin akan sering buang air kecil. Dengan inilah racun-racun di dalam tubuh bisa keluar juga.

 

Ternyata selain enak, kopi juga bermanfaat bagi kesehatan. Namun, ingatlah manfaat ini bisa didapat jika kita mengkonsumsi kopi dengan membatasi gula juga krim-nya. Juga minum dalam jumlah tertentu.

Tertarik menikmati secangkir kopi?
Copyright © Tampang.com
All rights reserved