Ragam Manfaat dari Segelas Teh Pandan

Tanggal: 26 Sep 2017 07:56 wib.
Tampang.com - Daun pandan biasanya hanya digunakan sebagai pengharum dan pelezat makanan. Namun, dibalik aromanya yang harum, ternyata pandan juga mengandung banyak zat yang berguna untuk tubuh, yakni tanin, glikosida, dan alkaloid.

Selain untuk kesehatan tubuh, pandan juga baik untuk menjaga kecantikan kulit. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat teh pandan. Dikutip dari laman The Natural Health Market, berikut manfaat teh pandan.

1. Meredakan stres

Stres bisa merupakan musuh kecantikan, karena bisa menjadikan kulit kusam. Meminum 2 atau 3 cangkir teh pandan bisa meredakan kecemasan dan stres.

2. Mengatasi jamur kulit

Ruam dan gatal di kulit bisa disebabkan karena jamur. Untuk mengatasinya dari dalam, meminum teh seduhan pandan bisa menjadi solusi.

Siapkan beberapa lembar daun pandan yang sudah dicuci. Tumbuk dan peras airnya, kemudian campurkan dengan 1 cangkir air garam. Minum larutan ini sehari sekali untuk mendapatkan khasiat maksimal.

3. Detoksifikasi

Air seduhan daun pandan bisa membersihkan racun dari dalam tubuh, terutama di bagian liver yang jadi tempat berkumpulnya toksin. Jika tubuh bersih dari racun, kulit pun akan terlihat lebih sehat dan berseri.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun pandan, rebus segenggam daunnya hingga mendidih. Biarkan sampai airnya menyusut sedikit, kemudian tuang ke dalam gelas. Minumlah secara teratur untuk memperoleh khasiatnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved