Sumber foto: Radang Sendi/Osteoartritis: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Radang Sendi/Osteoartritis: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Tanggal: 20 Mar 2024 04:47 wib.
Radang sendi merupakan kondisi kesehatan kronis yang paling umum terjadi di negara ini. Ada banyak orang yang mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan setiap hari akibat arthritis. 

Artritis: Gambaran Umum / Pendahuluan

Artritis  merupakan penyakit degeneratif pada ruang sendi. Ketika seseorang menderita radang sendi, kondisi medis kronis ini menyebabkan peradangan pada ruang sendi.

Peradangan pada sendi merusak tulang rawan yang berada di antara permukaan tulang sendi. Tanpa bantalan tulang rawan ini, permukaan tulang mulai bergesekan secara langsung. Hal ini menyebabkan kerusakan pada permukaan sendi, nyeri kronis, peradangan lebih lanjut, dan pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pada pergerakan sendi.

Gejala radang sendi sering kali berbeda-beda, bergantung pada jenis radang sendi dan tingkat keparahan kondisinya. Beberapa pasien mengalami beberapa hal berikut, sementara pasien lain mungkin mengalami semua masalah berikut:


Nyeri hebat pada satu atau lebih persendian, yang memburuk ketika seseorang menekannya atau mencoba untuk bergerak
Sendi yang mulai memerah atau membengkak
Kekakuan pada persendiannya yang mungkin bervariasi seiring waktu
Kelelahan kronis
Hilangnya rentang gerak sendi


Penyebab Umum Artritis

Istilah arthritis adalah payung untuk  berbagai jenis peradangan sendi,  di mana rheumatoid arthritis, juvenile idiopathic arthritis, dan osteoarthritis adalah contoh yang lebih spesifik. Setiap jenis radang sendi memiliki penyebab dan cara pengobatan yang berbeda.

Artritis reumatoid, misalnya, adalah salah satu bentuk radang sendi yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh pasien menyerang lapisan bantalan di antara persendian, sehingga secara keliru merusaknya seperti penyakit menular.

Artritis reumatoid lebih jarang terjadi dibandingkan osteoartritis, dan penyebab pastinya tidak diketahui, namun faktor risiko telah diidentifikasi:


Usia
Kegemukan
Riwayat keluarga dengan Artritis Reumatoid, karena tampaknya ada komponen genetik pada kondisi ini
Merokok, atau paparan bahan berbahaya seperti asbes atau silika
Jenis kelamin, karena wanita memiliki risiko sedikit lebih tinggi terkena Artritis Reumatoid


Penyebab Umum Osteoartritis

Osteoartritis (OA)  hanyalah bentuk radang sendi yang paling umum dan  menyerang puluhan juta orang  di Amerika Serikat saja. Osteoartritis memiliki faktor risiko yang sangat mirip dengan Artritis Reumatoid, namun sebagian besar berkaitan dengan penuaan dibandingkan penyebab spesifik, dan dapat diperburuk oleh cedera sebelumnya atau gerakan berulang.

Meskipun Artritis Reumatoid adalah penyakit sistemik dan menyerang semua sendi, Osteoartritis biasanya berkembang lebih lambat dan terjadi di area tertentu dibandingkan di seluruh tubuh. Gejala osteoartritis  juga cenderung terjadi di kemudian hari, dan satu dari dua orang dewasa akhirnya mengalami osteoartritis pada tingkat tertentu di lututnya. Pinggul, tangan, dan tulang belakang juga merupakan lokasi umum berkembangnya osteoartritis.

Meskipun penyebab dan jenis radang sendi berbeda-beda, semua bentuk radang sendi melibatkan rusaknya bantalan di antara persendian dan gesekan tulang yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Perawatan / Terapi yang Ditawarkan Klinik yang Membantu Meredakan Osteoartritis dan Radang Sendi

Ketika seseorang mencari bantuan dokter osteoartritis, ada beberapa pilihan pengobatan yang mungkin direkomendasikan, di antaranya adalah:


Terapi Medis:  Obat anti-inflamasi adalah garis pertahanan pertama melawan arthritis. Obat-obatan ini dirancang untuk mengurangi peradangan di dalam ruang sendi, sehingga menghentikan atau memperlambat kerusakan lebih lanjut pada tulang rawan dan tulang.
Latihan:  Melakukan latihan sederhana dapat memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Dengan memberikan dukungan tambahan pada sendi itu sendiri, stres akan dihilangkan dari ruang sendi. Kami mampu mengajarkan berbagai teknik yang dirancang khusus untuk setiap pasien unik.
Suntikan Steroid:  Ada juga suntikan steroid yang menargetkan sumber peradangan secara langsung. Dengan menyuntikkan steroid ke dalam ruang sendi, peradangan dapat dihentikan dan nyeri dapat dihilangkan. Suntikan kecil ini mungkin perlu diulang secara berkala agar tetap efektif.
Pembedahan:  Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin disarankan untuk mengangkat jaringan parut dan memperbaiki sisa bantalan di area sendi yang terkena. Dokter bedah kami di Rolling Hills Medical dilatih untuk memberikan layanan dan perawatan lanjutan terbaik untuk membantu Anda dalam perjalanan menuju pemulihan.


Apa Perbedaan Antara Osteoartritis dan Radang Sendi?

Dua kondisi yang paling umum ditemui adalah  radang sendi dan osteoartritis.  Seringkali orang bingung dengan kondisi apa yang sebenarnya mereka alami. Di permukaan, arthritis adalah suatu kondisi kronis yang luas dan ada banyak jenisnya. Beberapa di antaranya termasuk artritis reumatoid, artritis idiopatik remaja, dan osteoartritis. Oleh karena itu, osteoartritis merupakan bagian dari artritis secara keseluruhan. Umumnya, orang menggunakan istilah "radang sendi" padahal sebenarnya merujuk pada artritis reumatoid. Ada  beberapa perbedaan  antara rheumatoid arthritis dan osteoarthritis yang harus diingat orang ketika mereka menemui dokter osteoartritis.

Usia Permulaan Artritis vs. Osteoartritis

Salah satu perbedaan utama antara kedua kondisi ini adalah usia saat pertama kali muncul. Mereka yang mengidap osteoartritis biasanya mulai mengalami gejalanya di kemudian hari. Sebaliknya, siapa pun yang mengidap radang sendi umum dapat mengalami kondisi ini pada tahap mana pun dalam hidupnya. Usia di mana gejala mulai membantu dokter radang sendi Torrance mengetahui jenis radang sendi yang diderita seseorang.

Kecepatan Perkembangan Artritis vs. Osteoartritis

Perbedaan besar lainnya adalah kecepatan perkembangan gejala. Gejala osteoartritis cenderung berkembang secara perlahan dan bertahap. Seringkali, gejalanya sudah berkembang selama bertahun-tahun sebelum seseorang mencari perawatan medis. Sebaliknya, mereka yang menderita arthritis umum menyadari gejalanya berkembang lebih cepat, biasanya dalam beberapa minggu. Hal ini mendorong individu untuk mencari perawatan dari dokter arthritis.

Jenis Gejala Artritis vs Osteoartritis

Jenis gejala  radang sendi dan osteoartritis juga akan sedikit berbeda . Pada artritis umum, persendian terasa sangat nyeri. Seringkali, mereka tampak bengkak dan kaku, sehingga membatasi rentang gerak. Terkadang, persendiannya bahkan menjadi merah. Sebaliknya, persendian pada osteoartritis cenderung terasa nyeri. Mereka bahkan mungkin menjadi lembut ketika orang menekannya. Di sisi lain, pembengkakan sangat jarang terjadi dan rentang gerak sebenarnya sangat jarang dibatasi. Perbedaan ini membantu dokter membuat diagnosis.

Dimana Gejala Muncul pada Artritis vs Osteoartritis

Selanjutnya, dokter juga akan mempertimbangkan di mana gejalanya muncul. Pada arthritis generalisata, gejalanya akan muncul pada kedua sisi tubuh. Penyakit ini juga menyerang sendi besar dan sendi kecil. Ini termasuk tangan, pergelangan tangan, siku, dan bola kaki. Pada osteoartritis, gejala biasanya dimulai hanya pada satu sisi tubuh. Gejalanya juga terbatas pada satu set sendi saja. Lokasi umum termasuk pinggul, lutut, jari tangan, atau tulang belakang. Penyajiannya berbeda dan membedakan kedua kondisi tersebut.

Perbedaan Utama Antara Artritis vs. Osteoartritis: Kekakuan di Pagi Hari

Salah satu pertanyaan kunci yang akan ditanyakan dokter berkaitan dengan kekakuan di pagi hari. Pada arthritis umum, kaku kuduk terasa sangat kaku di pagi hari. Biasanya, diperlukan waktu lebih dari satu jam untuk mengatasi kekakuan ini. Setelah hilang, biasanya akan hilang hingga keesokan paginya. Sebaliknya, rasa kaku di pagi hari pada osteoartritis cenderung hilang dalam waktu kurang dari satu jam. Kemudian, kekakuan tersebut akan kembali pada penghujung hari setelah sendi digunakan seharian penuh.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved