Punya Teman Atau Bahkan Kamu Bau Mulut? Berikut Penyebabnya Yang Harus Anda Ketahui

Tanggal: 24 Apr 2018 05:35 wib.
Penyebab Bau Mulut

Bau mulut adalah salah satu masalah pada tubuh terutama mulut yang sangat menggangu. Betapa tidak karena mulut digunakan untuk berkomunikasi dengan orang dan secara langsung akan mencium bau mulut kita.

Akibatnya ketika memiliki masalah bau mulut maka hal itu dapat mengganggu kenyamanan diri sendiri dan juga orang lain yang menjadi lawan bicara. Masa iya kamu menahan diri seharian untuk tidak ngobrol dengan orang lain? Nah, untuk kamu yang memiliki bau mulut ketahuilah bahwa ada banyak penyebabnya. Berikut faktor yang menyebabkan bau mulut.

1. Sedang Sakit

Orang yang sedang sakit lebih cenderung mengalami bau mulut. Karena memang metabolisme tubuh yang sedang tidak seimbang dan menurunnya sistem imun tubuh. Hal yang satu ini wajar saja, karena bau mulutnya akan hilang sendiri jika sakitnya sudah sembuh total.

2. Gigi Berlubang dan Sariawan

Yang satu ini sangat jelas sekali, karena memang gigi berlubang merupakan sarangnya bakteri. Begitu juga dengan sariawan, kuman sangat mudah untuk tinggal dan menimbulkan bau tak sedap. Bau tersebut muncul karena pembusukan makanan akibat bakteri dan kuman, dan bisa teratasi jika gigi dicabut dan sering gosok gigi.

3. Kelebihan Gas Lambung

Gas yang dihasilkan asam lambung ini jika produksinya berlebihan makan akan naik hingga ke tenggorokan kemudian keluar lewat mulut. Contohnya adalah orang yang bersendawa, itu karena kelebihan gas dalam lambung. Banyak orang yang menganggap bersendawa tidak sopan, ya karena selain dari suaranya juga mengeluarkan bau tidak sedap. Cara mengontrol asam lambung ini, kamu cukup menjaga pola makan dan jangan pernah tidur setelah makan.

4. Konsumsi Rokok dan Alkohol

Tentu saja hal ini merupakan masalah utama para perokok dan pecandu alkohol. Bagaimana tidak, asap rokok dan bau alkohol itu mengendap dalam mulut dan lama lama akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Cara mengatasinya adalah berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol atau memakai pasta gigi khusus perokok.

5. Makanan Menyengat

Makanan merupakan faktor yang harus diperhatikan jika kamu tidak mau bau mulut. Hindari beberapa makanan yang bisa menimbulkan bau tak sedap seperti Jengkol, petai, terasi dan yang lainnya. Boleh saja mengkonsumsinya, asalkan tau batasan dan jangan berlebihan. Dan setelah mengkonsumsi makanan tersebut lebih baik langsung membersihkannya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan mouthwash.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved