Punya Nangka? Jangan Buang Bijinya! Ini Manfaatnya

Tanggal: 9 Feb 2018 14:44 wib.
Tampang.com - Untuk orang Indonesia, siapa yang tak mengenal dengan buah nangka. Selain dimakan langsung, biasanya kita menemukan nangka ada di gudeg, makanan khas Yogyakarta.

Nangka ini merupakan salah satu buah tropis khas Indonesia. Nangka mengandung protein dan nutrisi lain, seperti vitamin B, potasium, kalsium, dan seng.

Biasanya, ketika kita mengkonsumsi langsung nangka, tentunya biji yang ada didalamnya sering kita buang. Padahal, biji nangka ternyata memiliki kandungan riboflavin dan tiamin yang mengubah makanan menjadi energi. Selain itu juga memiliki kandungan sejumlah mineral yakni magnesium, seng, potasium, zat besi, dan tembaga.

Dengan kandungan nutrisi yang banyak tersebut, tentunya akan bermanfaat ketika kita mengkonsumsinya. Berikut manfaat dari biji nangka, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Menyehatkan pencernaan

Biji nangka mengandung serat yang membantu untuk menyehatkan pencernaan dan membuat perutmu selalu merasa kenyang.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji nangka mengandung seng yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba di dalamnya juga mencegah kontaminasi bakteri.

Mencegah kanker

Kandungan zat antioksidan di dalam biji nangka berguna untuk memerangi efek buruk dari radikal bebas yang jadi penyebab kanker.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Karena biji nangka begitu rendah kolesterol, maka mengonsumsinya akan membantumu untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Menyembuhkan stres

Nangka kaya akan protein dan nutrisi mikronutrien yang membantu untuk menyehatkan mental dan menurunkan tingkat stres.

Mempertajam penglihatan

Tingginya kandungan vitamin A di dalam biji nangka membantu untuk mempertajam penglihatan dan menangkal penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mata.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi di dalam biji nangka berguna untuk mencegah anemia dan penyakit terkait darah lainnya.

Membangun massa otot

Tahukah kamu bahwa biji nangka kaya akan protein? Nutrisi inilah yang membuat nangka berguna untuk membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Menguatkan tulang

Biji nangka mengandung kalsium dan potasium yang membantu untuk menguatkan tulang.

Dengan begitu banyak khasiatnya, tentunya tak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsinya. Kamu bisa merebus biji tersebut untuk dapat dikonsumsi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved