Pertolongan Pertama padaPenderita Vertigo

Tanggal: 20 Jun 2022 16:47 wib.
Penyebab vertigo kambuh perlu diketahui oleh setiap orang. Pasalnya, vertigo bisa sangat mengganggu, seseorang akan merasa sangat pusing hingga tak bisa melakukan apapun. Vertigo adalah sakit kepala yang hebat dan terasa berputar.

Penyakit ini masih sering dianggap sepele dan kerap kali tidak disadari oleh penderitanya. Padahal, akibat dari penyakit ini tidak main-main karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain. Penyebab vertigo kambuh dipengaruhi oleh posisi tubuh bagi penderita BPPV dan konsumsi makanan tertentu. Vertigo sendiri bisa dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer disebabkan oleh masalah dengan telinga bagian dalam, sedangkan vertigo sentral disebabkan oleh masalah di wilayah otak.

Berikut ini penyebab vertigo kambuh yaitu :

Penyebab vertigo kambuh salah satunya adalah benign paroxysmal position vertigo, atau BPPV, yang dikaitkan dengan adanya perubahan posisi kepala. Contoh sikap mengubah posisi kepala yang bisa menjadi penyebab vertigo kambuh antara lain ketika membaringkan tubuh, membalikkan posisi tubuh, dan menengadahkan atau saat menundukkan kepala.

BPPV sendiri merujuk kepada timbulnya sensasi berputar-putar secara tiba-tiba. Penyebab vertigo kambuh oleh BPPV ini biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat. Namun, vertigo yang muncul bisa terasa tak terhankan dan terjadi secara berulang-ulang. Kamu akan mengalami pusing dan tubuh kehilangkan keseimbangan selama beberapa menit. Penyebab vertigo kambuh terkait BPPV adalah karena terlepasnya kristal kalsium karbonat di lapisan saluran telinga bagian dalam.

Penyebab vertigo kambuh juga bisa dipicu oleh makanan tertentu. Berikut makanan penyebab vertigo kambuh yang perlu diperhatikan :

- Daging dan keju. Daging dan keju mengandung tyramine yang dapat menjadi penyebab vertigo kambuh. Tyramine sendiri adalah sejenis asam amino tirosin yang bisa ditemukan secara alamiah pada makanan yang mengandung protein. Makanan lain yang mengandung asam amino tyramine di antaranya adalah ikan bandeng asap, ikan asin, ikan teri, daging asap, tempe, tahu, kecap, kimchi, dan acar.

- Makanan tinggi gula. Meski tidak dilarang secara spesifik, penderita vertigo dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula berlebih dan memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum.

- Makanan yang banyak mengandung garam. Makanan yang banyak mengandung garam dapat menjadi penyebab vertigo kambuh. Hal ini karena garam dapat memengaruhi kadar air dalam tubuh serta pengaturannya.

- Makanan bersantan. Makanan bersantan biasanya cenderung mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga bisa memicu rasa mual dan pusing bagi penderita vertigo.

- Gorengan. Minyak sayur tidak begitu baik untuk tubuh. Kamu bisa menggantinya dengan minyak zaitun atau olive oil agar lebih sehat. Atau yang lebih baik, tentu menghindari makanan gorengan dan mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

Pertolongan pertama saat vertigo yang bisa dilakukan adalah teknik Epley maneuver. Penelitian menunjukkan bahwa manuver Epley sangat efektif untuk orang dengan BPPV. Kamu dapat melakukan manuver di rumah dengan mengikuti prosedur sederhana ini:

1. Gerakkan kepala 45 derajat ke kiri atau kanan tergantung dari letak sumber vertigo yang dirasakan.

2. Kemudian berbaring cepat dengan posisi bahu di atas bantal dan julurkan leher kebawah.

3. Posisi kepala harus lebih rendah dari bahu. Dengan posisi ini telinga yang menjadi sumber vertigo ada dalam posisi di bawah. Tahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik.

4. Setelah itu tanpa mengangkat kepala coba untuk menolehkan kepala 90 derajat ke kanan dan tahan kembali selama 30 detik.

5. Kemudian gerakkan seluruh badan mengikuti kepala 90 derajat ke kanan dan tahan posisi selama 30 detik.

6. Cobalah untuk kembali duduk di sisi kanan.

Jika vertigo masih terus terasa dalam waktu yang lama, segera hubungi dokter atau pihak medis terdekat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved