Peneliti Kembangkan Obat Terbaru untuk Malaria

Tanggal: 19 Sep 2017 12:17 wib.
Peneliti Universitas Tulane telah mengembangkan obat baru yang efektif melawan kasus malaria. Hal ini menurut hasil dari uji coba klinis yang diawasi FDA yang diterbitkan dalam edisi terbaru The Lancet Infectious Diseases.

Hasilnya cukup signifikan karena ahli kesehatan masyarakat telah lama memperingatkan bahwa parasit yang bertanggung jawab atas sebagian besar kasus malaria, Plasmodium falciparum, sedang mengembangkan ketahanan terhadap pengobatan yang banyak digunakan. Obat baru diperlukan untuk membangun pertahanan sekunder melawan parasit yang resistan terhadap obat.

Obat yang disebut AQ-13, mampu membersihkan parasit yang bertanggung jawab atas penyakit ini dalam seminggu, yang sesuai dengan keefektifan rejimen pengobatan yang paling banyak digunakan.

"Hasil percobaan klinis sangat menggembirakan," kata Dr. Donald Krogstad, penulis senior dan profesor kedokteran tropis di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Pengobatan Tropis Tulane.

"Dibandingkan dengan rekomendasi lini pertama saat ini untuk pengobatan malaria, obat baru ini keluar dengan sangat baik," lanjutnya.

Nyamuk yang terinfeksi oleh parasit penyebar malaria telah menyebabkan lebih dari 200 juta penyakit di seluruh dunia dan lebih dari 400.000 kematian setiap tahunnya. Selama beberapa dekade terakhir, klorokuin digunakan untuk mengobati malaria. Pengobatan ini akhirnya menyebabkan resistensi pada Plasmodium falciparum. Sekarang, kombinasi obat - artemeter dan lumefantrin - adalah pengobatan utama untuk malaria meskipun resistensi juga berkembang menjadi kombinasi obat di beberapa negara.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved