Paprika Menjadi Salah Satu Sayuran yang Baik Bagi Penderita Diabetes, Ini Alasannya

Tanggal: 11 Mar 2018 14:30 wib.
Tampang.com - Bagi penderita diabetes, makanan menjadi salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan. Hal ini karena jika salah memilih maka kadar gula darah akan meningkat dan tentunya memperburuk keadaan.

Nah, bagi kamu yang memiliki penderita diabetes di sekitaran kamu, coba sarankan dia untuk mengkonsumsi paprika. Paprika dipercaya baik untuk kesehatan mereka yang menderita diabetes.

Dikutip dari laman The Health Site, berikut alasan mengapa paprika baik untuk mereka.

Rendah kalori

Diabetes berkaitan erat dengan obesitas. Mengonsumsi paprika yang rendah kalori akan merangsang pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme tubuh. Sehingga akan mengendalikan diri dari obesitas dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali dengan baik.

Tinggi zat antioksidan

Dengan peningkatan kadar glukosa darah dan hiperlipidemia, kamu jadi lebih rentan terhadap stres oksidatif. Capsicum mengandung kadar phytochemicals tinggi yang berperan sebagai antioksidan kuat. Senyawa ini mengikis radikal bebas berbahaya yang dilepaskan akibat stres oksidatif dan menurunkan risiko berbagai komplikasi kesehatan akibat diabetes.

Memperlambat proses cerna karbohidrat dan lipid

Anthocyanin yang hadir dalam paprika menghambat aktivitas 2 enzim pencernaan utama yaitu alfa-glukosidase dan lipase. Enzim alfa-glukosidase membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa, sedangkan lipase pankreas membantu dalam degradasi lemak. Jika pencernaan karbohidrat dan lipid melambat, konsentrasi gula darah dan lipid juga berkurang, sehingga menurunkan risiko hiperglikemia dan membantu mengendalikan kadar glukosa darah.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di Journal Natural Products Research. Diantara para paprika, paprika kuning ternyata lebih baik jika dibandingkan paprika hijau untuk mengendalikan gula darah.

Konsumsi paprika juga lebih baik dimasak daripada dimakan mentah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved