Operasi Transplantasi Kepala Segera Bisa Dilakukan?

Tanggal: 1 Jul 2017 09:56 wib.
Dilansir dari Sciencealert.com - Ahli bedah saraf Italia Sergio Canavero telah berhasil memutus dan menyambung kembali saraf tulang belakang dari sembilan tikus percobaan.

Gagasan untuk melepaskan kepala seseorang dan kemudian menempelkannya ke tubuh lain mungkin merupakan prosedur operasi paling berani yang pernah dikandungnya.

Menurut dokter bedah Italia Dr Sergio Canavero, bagaimanapun, melakukan transplantasi kepala pada pasien manusia hidup tidak hanya mungkin terjadi, namun dapat dicapai sebelum akhir tahun ini.

Saat ini ahli bedah kontroversial itu telah menunjukkan bahwa dia benar-benar melakukan sebuah bisnis dengan memutuskan saraf tulang belakang tikus dan kemudian berhasil menghubungkannya kembali dengan menggunakan suatu larutan 'lem' khusus.

Kritikus telah lama mengklaim bahwa bahkan untuk  mencapai tahap ini pun tidak mungkin, tapi sekarang Dr Canavaro telah benar-benar menunjukkan bahwa hal itu dapat dilakukan, dia yakin rencananya untuk melakukan transplantasi kepala manusia pertama di dunia masih sangat mungkin.

Dia sekarang bermaksud untuk mengulangi prosedur rekoneksi sumsum tulang belakang pada anjing dalam beberapa bulan mendatang.

Bagaimanapun gagasan untuk mencoba hal semacam itu pada manusia telah mendapat kritik yang besar.

"Saya tidak menginginkan ini pada siapa pun," kata Dr Hunt Batjer dari American Association for Neurological Surgeons. "Saya tidak mengizinkan siapa pun melakukannya kepadaku karena ada banyak hal yang lebih buruk daripada kematian."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved