Nyeri Payudara Saat Haid? Begini Cara Mengatasinya Girls

Tanggal: 16 Okt 2017 10:13 wib.
Bagi sebagian perempuan, datang bulan diiringi juga dengan premenstrual syndrome atau yang lebih dikenal dengan istilah PMS. PMS sendiri merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Sekitar 80 hingga 95 persen perempuan pada usia subur.

Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon wanita, yaitu progesteron dan estrogen yang terkait dengan siklus menstruasi.

Salah satu yang sering dikeluhkan adalah keluhan sakit pada bagian payudara. Kabar baiknya, menurut para ahli, sakit payudara dapat diatasi dengan mudah.

Beberapa penelitian menganjurkan beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit pada payudara selama menstruasi. Berikut ini di antaranya.

1. Olahraga teratur dan atur makan

Pertama adalah berolahraga secara teratur, hindari makanan asin tinggi garam, dan kurangi konsumsi mengandung kafein, seperti kopi dan teh, termasuk jauh hari sebelum waktu menstruasi reguler Anda.

2. Kompres panas atau dingin

Untuk mengatasi rasa sakit pada payudara dengan cepat pada saat muncul rasa nyeri, Anda bisa menerapkan kompres panas atau dingin selama beberapa menit, beberapa kali dalam sehari.

3. Obat mengandung ibuprofen

Jika payudara Anda sakit dan ingin diatasi dengan segera, obat yang mengandung ibuprofen atau acetaminophen dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Perlu dicatat, obat-obat pereda nyeri bisa meningkatkan risiko kerusakan hati jika dikonsumsi berlebihan. Konsultasikan dengan ahlinya untuk mendapatkan dosis yang tepat.

4. Perhatikan pilihan bra

Menggunakan bra akan membantu mengurangi perparahan sakit payudara akibat goncangan saat bergerak. Pakai bra yang bisa menyanggah payudara lebih baik.

5. Periksa ke dokter

Sesuatu yang lebih serius mungkin terjadi jika payudara Anda tetap sakit saat menstruasi. Jika penanganan nyeri payudara sendiri tidak memuaskan hasil, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah yang tepat. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved