Mengkonsumsi Buah dan Sayuran Memperbaiki Kondisi Psikologis dalam 2 Minggu

Tanggal: 20 Agu 2017 17:48 wib.
Buah dan sayuran merupakan bagian penting dari makanan sehat, namun manfaatnya tidak terbatas pada kesehatan fisik. Penelitian baru menemukan bahwa peningkatan konsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis dalam waktu 2 minggu.

Pemimpin studi Dr. Tamlin Conner, dari Department of Psychology di University of Otago di Selandia Baru, dan rekan menemukan bahwa orang dewasa yang diberi buah dan sayuran ekstra setiap hari selama 14 hari mengalami dorongan dalam motivasi dan vitalitas.

Para peneliti baru-baru ini melaporkan temuan mereka di jurnal PLOS One. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, orang dewasa harus mengkonsumsi sekitar dua ‘cangkir’ buah dan sekitar dua sampai tiga ‘cangkir’ sayuran setiap hari.

Satu cangkir buah setara dengan setengah jeruk bali atau jeruk besar, dan satu cangkir sayuran sebanding dengan satu lada merah besar atau kentang manis besar yang dipanggang.

Sebagai bagian dari makanan sehat, buah dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Untuk penelitian mereka, Dr. Conner dan tim berniat menyelidiki hubungan ini lebih jauh.

Para peneliti mendaftarkan 171 siswa berusia antara 18 dan 25 untuk studi mereka, dan mereka dibagi menjadi tiga kelompok selama 2 minggu.

Satu kelompok melanjutkan pola makan normal mereka, satu kelompok secara pribadi menyerahkan dua buah sayuran dan sayuran segar (termasuk wortel, buah kiwi, apel, dan jeruk) setiap hari, sementara kelompok yang tersisa diberi pengingat teks untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

Pada awal dan akhir penelitian, peserta dikenai penilaian psikologis yang mengevaluasi mood, vitalitas, motivasi, gejala depresi dan kecemasan, dan faktor penentu kesehatan mental dan kesejahteraan lainnya.

Para pebeliti menemukan bahwa peserta yang secara pribadi mengkonsumsi ekstra buah dan sayuran selama 2 minggu, masing-masing 3,7 porsi, dan kelompok ini mengalami perbaikan dalam kesejahteraan psikologis. Secara khusus, peserta ini menunjukkan peningkatan vitalitas, motivasi, dan perkembangan.

Dua kelompok lainnya tidak menunjukkan perbaikan dalam kesejahteraan psikologis selama periode 2 minggu.

Para peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa meningkatkan asupan buah dan sayuran dapat menyebabkan manfaat bagi perkembangan psikologis.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved