Mengetahui Gejala Sakit Maag

Tanggal: 16 Mei 2018 16:02 wib.
Penyakit maag merupakan penyakit yang paling banyak dialami oleh orang. pasalnya pada umumnya penyakit ini terjadi akibat ketidakraturan pola makan seseorang baik dari waktu makan, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi hingga pikiran pun juga dapat berpengaruh. Maag sendiri juga memiliki sebutan lain misalnya radang lambung atau tukak lambung. Penyakit ini menyerang bagian lambung ketika terjadi luka pada organ lambung terutama saat telat makan atau pun perut dalam keadaan kosong.

Hal tersebutlah yang menimbulkan rasa sakit, mulas, serta perih pada bagian perut.

Secara medis, sakit maag diartikan sebagai kumpulan gejala rasa sakit atau rasa tidak nyaman di ulu hati, saluran penceraan bagian atas dan organ di sekitarnya. Gejala yang ikut menyertai diantaranya yakni kembung, cepat kenyang, mual, kurang nafsu makan, bahkan hingga muntah dan diare.

Pada kondisi yang sudah parah, rasa sakit pada perut bisa terasa tidak tertahankan. Penyebabnya penyakit maag bisa bermacam-macam, namun pada umumnya penyakit ini muncul karena penderita makan dengan tidak teratur, pola makan yang tidak sehat, terdapat mikroorganisme yang merugikan menyerang lambung, mengonsumsi obat-obatan tertentu yang tidak cocok, atau bisa juga muncul akibat penggunaan alkohol, pola tidur yang berlebihan dan bisa juga karena stress.

Berikut ini adalah gejala-gejala penyakit maag yang sering muncul pada penderita:


Pada bagian perut akan terasasa seperti panas, bengkak, nyeri, akut yang terjadi pada organ dari lambung. Maag semacam ini sudah bisa dikatakan sebagai maag akut.
Sakit saat buang air besar sudah menjadi gejala umum pada penderita penyakit maag.
Rasa sakit yang muncul dan bisa berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam saja. Namun rasa sakit tersebut bisa datang lagi dan hilang atau pergi begitu saja. Kebanyakan penderita sering merasakan bahwa serangan sakit menjadi lebih buruk ketika malam hari apalagi ketika perut dalam keadaan kosong. Solusinya tentu adalah dengan makan makanan tertentu dan juga meminum obat yang dianggap efektif untuk mengurangi asam dalam perut.
Muntah darah serta asam dari dalam perut adalah salah satu tanda dari permasalahan lambung. Inilah gejala dari penyakit maag yang cukup menyiksa.
Anda harus melihat kotoran (feses) Anda. Periksalah karena untuk penderita tukak lambung atau maag, tinja bisa memiliki warna yang pekat hitam atau bahkan kadang seperti berdarah. Segera atasi jika memang hal ini terjadi. Maag yang sampai berdarah bila tidak diobati secara serius bisa menyebabkan penyakit anemia serta berbagai komplikasi lainnya.


 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved