Menangis Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tanggal: 3 Agu 2017 20:39 wib.
Setiap orang pasti pernah menangis. Entah itu karena sedih ataupun bahagia. Entah itu anak kecil ataupun orang dewasa. Menangis merupakan hal yang sangat wajar sebagai luapan emosi seseorang. Namun, kadang kala kita merasa malu untuk menangis karena takut dibilang cengeng. Padahal, menangis juga mempunyai manfaat bagi kita, apa saja? Ini dia beberapa manfaatnya :

1. Mengurangi Stres

Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Itulah sebabnya banyak orang yang merasa lebih lega setelah menangis.

2. Menyehatkan Mata

Saat kita menangis, kita mengeluarkan cairan yang disebut air mata. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

3. Membuat Suasana Hati Bahagia

Ada fakta lain tentang menangis. Dengan menangis ternyata dapat merangsang tubuh mengeluarkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan. Hal tersebut menyebabkan perasaan menjadi lebih stabil dan semangat atau mood akan menjadi lebih baik setelah menangis.

4. Mengeluarkan Racun

seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Melancarkan Tekanan Darah

Jika kita menahan tangis, maka tingkat stress kita akan meningkat. Dan itu menyebabkan tekanan darah juga tidak stabil. Oleh karena itu, janganlah menahan tangis.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved