Melakukan Pekerjaan Rumah Ternyata Bermanfaat, Ini Penjelasannya

Tanggal: 4 Mar 2018 09:44 wib.
Tampang.com - Untuk menjaga kebersihan dan kerapihan rumah, tentunya ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Misalnya saja mencuci piring, membersihkan kamar tidur, merapikan taman, dan yang lainnya.

Tentunya pekerjaan-pekerjaan ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kebanyakan orang pasti merasakan bahwa hal ini melelahkan untuk dilakukan.

Dibalik hal itu, ternyata melakukan pekerjaan rumah tersebut memiliki manfaat untuk diri kita pribadi, khususnya pada kesehatan mental kita. Dikutip dari laman Reader's digest, berikut lengkapnya.

Membersihkan jendela - memperbaiki suasana hati

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang tahun 2014 mengungkapkan bahwa mereka yang menghabiskan waktu sedikitnya 10 menit untuk membersihkan kaca menggunakan cairan pembersih beraroma jeruk, akan mengalami penurunan ketegangan, kecemasan, depresi, dan kebingungan secara signifikan.

Menata tempat tidur - meningkatkan produktivitas

Bagi kamu yang enggan untuk menata tempat tidur setelah bangun di pagi hari, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini. Sebab dalam buku berjudul The Power of Habit dituliskan bahwa membersihkan dan menata tempat tidur berhubungan erat dengan peningkatan produktivitas dan keterampilan.

Selain itu dengan menata tempat tidur di pagi hari secara rutin, kamu juga bisa tidur lebih nyenyak di malam harinya.

Cuci piring - mengurangi kecemasan

Tanpa disadari ternyata orang-orang yang mencuci piring dengan penuh perhatian (memusatkan perhatian pada aroma sabun, suhu air, dan menyentuh piring) mengalami penurunan kecemasan atau kegelisahan hingga 27%. Demikianlah menurut penelitian dari departemen psikologi, Florida State University.

Menata lemari dapur - menurunkan berat badan

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kegiatan menata lemari dapur atau rumah bermanfaat untuk menghindarkanmu dari kelebihan berat badan atau obesitas.

Menurut Peter Walsh, penulis dari Cut the Clutter mengatakan bahwa rumah yang kacau akan membuat orang rentan stres. Dan salah satu dampaknya adalah mereka menjadi emotional eater dan membuat mereka berisiko tinggi untuk mengalami kegemukan.

Membersihkan halaman - menurunkan risiko serangan jantung

Kamu butuh motivasi untuk membersihkan halaman? Well, mungkin kamu belum tahu bahwa mereka yang membersihkan halaman dan menyapu rumah berkurang risiko untuk terkena serangan kardiovaskular sebanyak 30% dibandingkan dengan mereka yang jarang membersihkan rumah.

Sebabnya, pekerjaan ini menuntut tubuhmu untuk selalu bergerak. Dan bermalas-malasan jadi awal meningkatnya serangan jantung atau stroke.

Memotong rumput - memperbaiki suasana hati

Jika kamu perhatikan, aroma dari rumput yang dipotong mampu membuatmu jadi rileks. Hasilnya, kamu pun lebih bergembira.

Menanam bunga dan sayuran - penurunan depresi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Norwegia, mereka yang didiagnosis dengan berbagai bentuk depresi diminta untuk menghabiskan waktu 6 jam seminggu untuk berkebun. Selama beberapa bulan terlihat peningkatan yang signifikan dalam perbaikan kondisi mental mereka.

"Terjadi pelepasan dan metabolisme hormon serotonin di beberapa bagian otak yang mengendalikan fungsi kognitif dan mood di dalam tubuh mereka yang berkebun. Sehingga kesehatan mental mereka pun meningkat," ungkap Christopher Lowry, PhD, seorang profesor di University of Colorado, Boulder.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved