Manfaat Melakukan Donor Darah

Tanggal: 25 Mei 2018 08:50 wib.
Manfaat Melakukan Donor Darah



Donor darah merupakan salah satu tidakan yang mulia karena kita membagi sedikit darah dari tubuh untuk membantu mereka yang membutuhkannya.

Manfaat donor darah bukan hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang menerimanya. Tetapi juga berkhasiat untuk mereka yang memberikannya.

Berikut manfaat yang akan didapatkan seseorang yang mendonorkan darahnya.

 

Meningkatkan kesehatan jantung Anda

Donor darah secara teratur dapat mengurangi kekentalan darah Anda. Darah yang terlalu kental merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit jantung. Pelepasan zat besi oksidatif dari tubuh melalui donor darah membuat oksidasi besi dalam tubuh lebih sedikit, sehingga risiko penyakit jantung berkurang.

 

Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Mengurangi risiko kanker

Donor darah juga dapat mengurangi risiko kanker, seperti kanker hati, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker tenggorokan. Ketika Anda donor darah, Anda akan melepaskan stres oksidatif dalam tubuh Anda saat zat besi keluar dari tubuh melalui aliran darah.

 

Meningkatkan produksi sel darah merah

Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

 

Membakar kalori

Dengan menyumbangkan darah Anda sekitar 1 liter, sebenarnya Anda juga telah membakar kalori Anda sekitar 650 kalori. Namun, bukan berarti donor darah secara teratur dapat menjadi bagian dari program penurunan berat badan Anda.

 

Tanggal 14 Juli diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Jangan takut  mendonorkan darah, karena banyak sekali manfaat donor darah yang bisa didapatkan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved