Manfaat Jagung Hitam Bagi Kesehatan

Tanggal: 9 Mar 2018 05:17 wib.
Sebagian dari kamu pasti menganggap jagung hanya berwarna kuning seperti yang biasa kamu lihat di pasar bukan? Namun, tahukah kamu bahwa jagung tidak hanya berwarna kuning, tetapi ada jagung yang memiliki warna hitam. Warna hitam yang terdapat pada jagung ini terjadi karena adanya kandungan antosianin dimana ini adalah sejenis senyawa flavanoid yang terdapat didalam jagung hitam ini. Pada awalnya jagung hitam pertama kali dikembangkan oleh negara Peru dan juga Chili.

Dari hasil penelitian, jagung warna hitam ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dipercaya dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit. Penasaran? Yuk perhatikan 5 manfaat jagung hitam bagi kesehatan tubuh.

1. Manfaat jagung hitam untuk menyembuhkan diabetes

Dengan cara mengkonsumsi jagung hitam ini secara terartu, maka akan membantu tubuh kita agar tetap menjaga kadar dari gula darah tubuh tetap stabil. sehingga masalah diabates yang dialamai, maka akan mampu untuk diatasi dengan bertahap. Selain itu jagung hitam juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak memiliki kadar gula yang tingggi. Cara lain yang dilakukan oleh jagung hitam ini dalam menurunkan kadar gula darah seseorang ialah dengan menurunkan berat badannya terlebih dahulu.

Tentunya seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa tubuh yang terlalu gemuk atau obesitas bisa memberikan pengaruh cukup tinggi terhadap kadar gula darah yang ada didalam tubuh. Insulin seseorang akan menjalan dengan semestinya jika berat badan berada dalam tahap yang ideal. Sering kali gaya hidup yang tidak sehat, misalnya saja seperti mengkonsumsi makanan yang menyebabkan timbulnya berat badan berlebih hingga meningkatkan resiko terjangkitkan diabates tipa 2. Dan jagung hitam ini bisa anda jadikan solusi karena memiliki kandungan antosianin yang baik, dimana zat ini memiliki sifat anti diabetes.

2. Manfaat jagung hitam untuk mengurangi resiko terserang kanker usus besar

Zat bernama antosianin yang ada didalam jagung hitam ternyata tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes saja namun juga sekaligus bisa dimanfaatkan untuk mencegah datangnya penyakit kanker usus besar. Nutrisi-nutrisi yang terkandung didalam sebuah sayuran, biji-bijian, atau bahkan buah-buahan memang bisa ditunjukan dari warnanya. Dan dari pengujian ilmiah yang dilakukan selam ini warna hitam yang terdapat didalam jagung serta beberapa jenis tanaman lainnya memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker. Serta juga dapat untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

3. Manfaat jagung hitam untuk meningkatkan sistem imun

Didalam jagung hitam terdapat juga kandungan zat mineral misalnya saja zat besi dan juga seng didalam jumlah yang cukup tinggi. Zat besi sendiri memiliki manfaat untuk memproduksi sel darah merah, sedangkan seng untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Kandungan lainnya yang bisa kita temukan didalam jagung hitam ini seperti kalsium, potasium, elenium, niasi, asam folat dan lain sebagainya juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita.

4. Manfaat jagung hitam sebagai sumber protein

Jagung hitam ini, ternyata juga menjadi salah satu sumber protein untuk tubuh yang cukup kaya. Dimana kandungan protein didalam jagung hitam ini lebih banyak 20% jika dibandingkan dengan jagung kuning. Dimana tentu saja nutrisi baik ini sangat membantu tubuh didalam memenuhi nutrisi protein ini. Selain itu didalam jagung hitam juga terdapat sebuah kandungan bernama triptophan dan juga lysine, dan juga asam amino yang lebih tinggi jika dibandingakan dengan jagung kuning.

5. Manfaat jagung hitam sebagai sumber antioksidan yang kaya

Kandung baik antioksidan juga dapat kita temui didalam jagung hitam ini. Dimana nutrisi antioksidan sendiri bisa dibilang cukup tinggi didalam jagung hitam. Antioksidan ini memiliki fungsi sebagai suplemen gizi yang bisa membantu untuk menghambat terjadinya penuaan, mencegah, serta menagtasi masalah yang terjadi akibat dari peradangan yang dialami oleh banyak otang. Selain itu jagung hitam ini juga bisa mengatasi masalah kesehatan yang terjadi di berbagai tubuh kita.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved