Manfaat dan Keunggulan Operasi Mata Lasik

Tanggal: 9 Des 2023 07:08 wib.
Kesehatan mata, pada dasarnya memang rawan mengalami gangguan apalagi di tengah kemajuan teknologi saat ini yang membuat semua orang bergantung pada gadget. Gangguan penglihatan yang bisa hadir lewat penggunaan gadget biasanya diawali dengan ketegangan mata, kelelahan pada mata, mata kabur dan kering, bahkan bisa menyebabkan sakit hingga kepada leher dan pundak. Jika hal ini dibiarkan terjadi, lama kelamaan bisa merusak kornea mata dan menjadi gangguan penglihatan seperti rabun jauh atau rabun dekat, serta kondisi lainnya.

Apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang ini, semua kegiatan yang biasanya bisa dilakukan dengan tatap muka atau secara langsung, harus dimaksimalkan secara daring. Jika biasanya bisa melakukan meeting, selama pandemi meeting harus dilakukan secara online.

Bahkan hampir seluruh karyawan harus bekerja di rumah dan melakukan segala koordinasi di dalam internal maupun eksternal kantor secara online. Sehingga bisa dibayangkan dalam 24 jam sehari, berapa jam mata kita harus menatap layar gadget secara terus menerus?

LASIK, atau Laser Assisted In-Situ Keratomileusis, adalah tindakan medis yang menghasilkan penglihatan yang lebih baik bagi para pasien. Tindakan ini memanfaatkan laser untuk membentuk kembali kornea, atau bagian yang jernih dan bulat pada bagian depan mata.

Operasi lasik adalah salah satu metode mengatasi gangguan mata yang populer belakangan ini. Prosedur ini adalah pembedahan yang menggunakan laser untuk memperbaiki fungsi penglihatan mata. Operasi lasik bertujuan untuk memperbaiki bias mata dengan membentuk kembali kornea mata. Sehingga dengan operasi lasik, cahaya akan jatuh pada kornea sehingga benar-benar fokus pada retina. Sehingga jika operasi lasik sudah dilakukan, bisa menghilangkan kebutuhan kacamata atau lensa kontak dan meningkatkan fungsi mata lebih baik lagi.

Operasi mata lasik merupakan tindakan pembedahan yang menggunakan laser untuk mengoreksi fungsi penglihatan mata. Prosedur ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan bias dengan membentuk kembali kornea. Dengan operasi ini, cahaya yang jatuh pada kornea dapat benar-benar fokus pada retina. Ini menghilangkan kebutuhan kacamata atau lensa kontak dan meningkatkan sebagian besar fungsi penglihatan mata.

Selama operasi, tetes mata digunakan untuk mematirasakan mata. Kornea diperbaiki menggunakan semacam cincin hisap. Selaput tipis, bulat, dan mengganjal dipotong dari lapisan luar kornea dengan menggunakan perangkat khusus. Lipatan kornea ini tidak dihapus seluruhnya tetapi ditarik kembali, sehingga ahli bedah dapat bekerja pada jaringan yang terletak di bawahnya.

Langkah berikutnya adalah membentuk kembali jaringan kornea yang mendasarinya, sesuai kebutuhan pasien. Pola pembentukan kembali kornea dapat bervariasi dari satu pasien ke pasien lain, sesuai dengan masalah penglihatan yang mendasarinya. Setelah pembentukan kembali dilakukan dengan laser, penutup kornea direposisi dan dibiarkan untuk menyembuhkan sendiri. Tidak ada jahitan wajib setelah operasi ini.

Berikut ini adalah manfaat dan keunggulan operasi mata lasik yang  di antaranya adalah :


Koreksi Penglihatan


Prosedur bedah sangat efektif dalam mengoreksi kesalahan bias seperti, miopia (rabun dekat) dan hyperopia (rabun jauh). Sebagian besar pasien yang telah menjalani operasi puas dengan hasilnya.


Minim Rasa Sakit


Operasi ini dikaitkan dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang minim. Sementara anestesi diberikan dalam bentuk tetes mata, obat-obatan juga dapat digunakan pasien untuk bersantai selama prosedur operasi. Operasi ini tidak melibatkan jahitan.


Pemulihan yang Cepat


Keuntungan lain dari operasi ini adalah pemulihan cepat dan hasil yang baik. Dalam kebanyakan kasus, mata akan kembali stabil dalam beberapa hari. Hasil langsung dapat terlihat pada pasien dengan masalah penglihatan ringan.


Tidak Ada Lagi Kacamata atau Lensa Kontak


Operasi mata lasik bisa menjadi keuntungan bagi mereka yang alergi terhadap lensa kontak dan mereka yang ingin menyingkirkan kacamata. Prosedur ini sangat bermanfaat bagi profesi yang tidak memperbolehkan penggunaan kacamata atau lensa kontak.

Prosedur operasi lasik tentu bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin lebih bebas beraktivitas tanpa harus tergantung dengan kacamata ataupun lensa kontak. Meski begitu, tetap konsultasikan terlebih dulu pada dokter jika Anda ingin melakukan prosedur ini ya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved