Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Tanggal: 16 Mei 2018 16:18 wib.
Ada banyak sekali jenis buah yang tumbuh di Indonesia ini selain dapat dikonsumsi secara langsung untuk memenuhi vitamin dan gizi, juga dapat mengobati berbagai penyakit bahkan dapat digunakan sebagai bahan alami untuk kecantikan. Salah satunya adalah buah sirsak, selain rasanya yang asam manis denga tekstur lembut serta mengandung banyak air, dapat membuatmu  menikmatinya lebih enak di saat cuaca panas. Selain enak untuk di jus, dan olahan lainnya ternyata buah sirsak juga memiliki manfaat lain yakni digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit dan rambut.

Merawat kulit dan rambut memang ada banyak cara, misalnya menggunakan produk-produk kecantikan serta ke klinik kecantikan, namun pastinya itu akan membutuhkan biaya mahal bukan. Merawat kulit dan rambut tidak selalu mahal, karena di sekitar kita pun ada banyak buahan yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Berikut cara menggunakan sirsak untuk kulit dan rambut seperti dilansir dari laman merdeka.com.

1. Mengatasi gangguan kulit

Kulit manusia tak jarang mengalami berbagai gangguan penyakit seperti infeksi, eksim, iritasi, dan gatal-gatal, buah sirsak memiliki kandungan yang sangaat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit tersebut, caranya yaitu haluskan daun sirsak segar dan beri sedikit air, kemudian oleskan bubuk daun sirsak tersebut pada area kulit yang bermasalah, biarkan selama beberapa menit dan jangan lupa bilas dengan air bersih, dengan cara ini penyakit kulit akan cepat sembuh.

2. Melawan tanda-tanda penuaan

Pada buah sirsak terkandung asam askorbat dan vitamin C dalam jumlah banyak, kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, serta mengurangi tanda-tanpa penuaan seperti garis halus, keriput di wajah, dan pigmentasi atau warna kulit yang tidak rata.

3. Mengtasi kutu

Manfaat ini mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya, anak kecil yang biasanya memiliki banyak kutu rambut bisa di atasi dengan buah sirsak, caranya cukup mudah, lumatkan buah sirsak kemudian oleskan pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala, setelah itu bungkus kepala dengan handuk dan diamkan selama 30 menit. Dengan cara ini kutu rambut akan mati dan hilang dari kulit kepala anda.

4. Mencegah kerontokan rambut

Buah sirsak merupakan sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekuatan rambut , rutin mengkonsumsi buah sirsak dapat mencegah rambut anda dari kerontokan serta dapat mengobati batang rambut yang rapuh.

5. Mengatasi ketombe

Ketombe dapat membuat anda menjadi tidak nyaman terutama karena menimbulkan rasa gatal di kulit kepala, buah sirsak dapat membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda karena memiliki kandungan anti parasit yang dapat melawan ketombe beserta gejala yang timbulkannya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved