Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Meredakan Nyeri Menstruasi

Tanggal: 25 Des 2023 20:00 wib.
Buah pepaya sangat dikenal dengan rasanya yang manis dan segar. Buah berwarna oranye ini juga memiliki kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang beragam. Nah, manfaat kesehatannya ini tidak hanya ada pada buahnya saja, tetapi bijinya juga, lho. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa biji pepaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Biji papaya berwarna hitam dan dilapisi dengan lapisan berkilap, basah, dan berlendir. Jika menghilangkan lapisan ini,  kamu bisa merasakan biji hitam yang kasar. Rasa biji ini sedikit pahit dan pedas. Biji pepaya dapat dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan digiling terlebih dahulu.

Dilansir dari Pharm Easy, biji pepaya kaya akan protein, lemak, dan serat. Biji pepaya juga bisa memberikan energi bagi tubuh, 100 gram biji pepaya kering mengandung sekitar 558 kalori energi. Selain itu, biji pepaya juga mengandung erbagai vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, seng, dan lainnya. Biji pepaya merupakan antioksidan kuat karena mengandung polifenol dan flavonoid.

Hayo, siapa yang sering membuang biji pepaya saat mengonsumsi buah pepaya? Biji bulat kecil ini sebenarnya dapat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan. Biji pepaya dapat membantu mengontrol berat badan, meredakan nyeri menstruasim dan memiliki sifat anti-kanker. Biji pepaya juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Maka dari itu, biji pepaya dianggap sebagai salah satu makanan sehat untuk menjaga kondisi kesehatan jantung.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat biji pepaya bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah kamu jika mengonsumsi biji pepaya dapat membantu menurunkan berat badan? Biji pepaya kaya akan serat, yang mana baik untuk kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh. Kandungan serat uang tinggi dalam biji pepaya membantu menjaga kelancaran sistem pencernaan dan dapat mengeluarkan toksin dalam tubuh. Selain itu, biji pepaya juga dapat membantu menjaga keseimbangan dan efisiensi proses metabolik.

Maka dari itu, jika kamusedang dalam program menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi biji pepaya. Biji pepaya bermanfaat untuk mencegah penyerapan lemak yang berlebihan oleh tubuh. Oleh karenanya, biji pepaya sangat baik untuk mencegah obesitas.

Dilansir dari NDTV, biji pepaya memiliki kandungan enzim papain, yang mana baik untuk proses pencernaan. Enzim papain ini memiliki peran penting dalam pemecahan molekul-molekul kompleks dalam makanan, sehingga memudahkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh biji pepaya segar setelah makan sebagai langkah tambahan untuk pencernaan yang sehat. Hal ini dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan indigesti.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dilansir dari Pharm Easy, biji pepaya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat. Kandungan asam lemak ini berperan penting dalam mengatur kadar kolesterol dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL cholesterol dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biji pepaya kaya akan serat. Serat juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan keunggulan ini, konsumsi biji pepaya dapat memberikan manfaat signifikan dalam menjaga kadar kolesterol tetap sehat.

3. Baik untuk Kulit

Kabar baik bagi kamu yang menginginkan kulit awet muda, mengonsumsi biji pepaya dapat membantumu mendapatkanya. Biji buah pepaya dikenal memiliki sifat anti-aging yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi buah pepaya dapat membantu mencegah munculnya garis halus dan kerutan pada kulit. Selain baik untuk kesehatan kulit, kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral pada biji pepaya juga berguna untuk pertumbuhan rambut.

4. Mencegah Kanker

Konsumsi biji pepaya dapat membantu mencegah kanker. Dilansir dari National Institutes of Health, biji pepaya mengandung senyawa bernama benzyl glucosinolate yang berperan penting dalam pencegahan sel kanker. Proses yang Proses yang terlibat dalam ini adalah pemecahan benzyl glucosinolate oleh enzim myrosinase, menghasilkan senyawa bernama benzyl isothiocyanate. Senyawa ini telah terbukti memiliki efek antikanker, dengan kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa jenis sel kanker tertentu.

5. Meredakan Nyeri Menstruasi

Siapa sangka, ternyata biji pepaya dapat meredakan nyeri menstruasi. Pepaya mengandung karoten yang berperan penting dalam mengatur produksi hormon estrogen. Hormon estrogen memiliki peran vital dalam regulasi siklus menstruasi dan kesehatan reproduksi perempuan. Menariknya, biji pepaya diketahui dapat merangsang menstruasi dan meningkatkan frekuensinya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh ketika mengonsumsi biji pepaya. Dengan memasukkan biji pepaya ke dalam pola makan sehat, kamu tidak hanya memberikan nutrisi esensial untuk tubuh tetapi juga dapat memberikan dukungan untuk berbagai aspek kesehatan, mulai dari pencernaan hingga perlindungan terhadap penyakit serius seperti kanker. Nah, setelah ini, jangan buang biji pepaya, ya!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved