Mana yang Lebih Baik: Susu Cair, Susu Bubuk atau Susu Kental?

Tanggal: 7 Apr 2018 11:05 wib.
Mana yang Lebih Baik: Susu Cair, Susu Bubuk atau Susu Kental?

Susu merupakan kebutuhan primer/utama manusia terutama disaat masih bayi. Bisa dipastikan bahwa tidak ada orang yang hidup tanpa minum susu sewaktu bayi. Jikapun ada itu berarti pada kasus – kasus tertentu yang mungkin ada gangguan kesehatan pada si bayi.

Susu yang paling baik adalah ASI (Air Susu IBU) yang hanya bisa diminum pada waktu bayi. Susu terbagi ke dalam 3 kategori :

Susu cair

Susu cair adalah susu murni yang dipanasin dengan suhu tertentu. Susu ini sangat baik karena tidak melalui proses olahan secara berlebihan. Kandungan vitamin, mineral dan proteinnya masih utuh. Susu ini lumayan mahal harganya dan kelemahannya adalah tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Susu cair ada dua jenis:

Pertama Susu cair Pasteurisasi/homogenisasi adalahsusu segar yang dipanaskan melalui metode Temperature Short Time yang langsung dikemas ke dalam bungkus steril (bisa bertahan sampai satu minggu jika disimpan di kulkas).

Kedua adalah susu cair UHT (Ultra High Temperature), dipanaskan dengan suhu yang lebih tinggi sehingga semua bakteri atau pun mikroorganisme akan mati. Susu ini biasa disebut susu steril dan lebih tahan lama disbanding susu cair Pasteurisasi/homogenisasi (dama keadaan belum dibuka).

Susu bubuk

Susu bubuk adalah hasil olahan dari susu segar yang dipanasin dengan suhu yang sangat tinggi (200 derajat celcius). Banyak diminati karena varia rasanya yang banyak, juga mudah untuk disimpan. Karena dipanasin dengan susu yang tinggi, maka sebagian nutrisinya akan hilang. Susu bubuk tidak selengkap kandungan yang teradapat di susu cair. Walau pun demikian, susu bubuk tetap baik dan aman untuk dikonsumsi.

Susu Kental

Kandungan vitamin susu kental lebih rendah disbanding jenis susu lain. Susu kental hanya dianjurkan untuk campuran olahan makanan dan tidak terlalu dianjurkan untuk dijadikan minuman sehari-hari.

 

Sekarang, sobat bisa tentukan mau mengkonsumsi susu mana yang dianggap lebih baik untuk kesehatan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved