Makanan Lezat yang Aman dikonsumsi Penderita Diabetes

Tanggal: 29 Des 2017 12:00 wib.
Penderita diabetes sering kali harus bersabar menahan keinginan untuk makan makanan lezat yang mereka inginkan. Diabetes memang erat sekali hubungannya dengan pola makan. Hal ini karena banyaknya pantangan untuk membatasi berbagai macam makanan yang bisa membuat gula darah naik. Jika sampai salah makan maka akan membuat penyakit diabetes yang diderita semakin parah.

Bahayanya lagi penyakit ini bisa diturunkan pada generasi selanjutnya. Jika ada orang tua yang memiliki riwayat penyakit diabetes maka generasi selanjutnya pun akan sangat berisiko terkena penyakit yang sama. Namun jangan khawatir karena penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat terutama menjaga pola makan. Bagi yang memiliki riwayat penyakit diabetes di keluarga sebaiknya lakukan pola hidup sehat sejak dini.

Dan mengenai makanan lezat yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, berikut ini daftarnya :

1. Daging tanpa lemak



Penderita diabetes juga boleh mengkonsumsi daging dengan syarat harus memperhatikan cara pengolahannya dan menghilangkan semua bagian lemak yang ada pada daging. Kemudian jangan gunakan minyak goreng, sebaiknya pilih cara mengolah yang lebih baik seperti dipanggang atau direbus.

2. Oatmeal



Oatmeal banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk menjadi pengganti sumber karbohidrat. Bukan cuma mengandung karbohidrat kompleks tapi bisa membuat kenyang lebih lama. Oatmeal juga bisa dicampur dengan buah-buahan seperti strawberry, blueberry dan pisang, serta baik dikonsumsi secara rutin sebagai pengganti nasi.

3. Ikan laut



Ikan laut merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh. Agar aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, perhatikan cara mengolahnya, lebih baik jika dikukus atau dipanggang. Kemudian pilihlah ikan yang mengandung omega-3 yang tinggi seperti sarden, salmon dan tuna. Hindari ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti tongkol.

4. Sayur bayam



Sayur bayam memiliki kandunga lutein yang baik untuk penderita diabetes terutama untuk kesehatan organ mata. Selain itu cara mengolah bayam menjadi sayuran pun cukup mudah.

5. Popcorn tanpa campuran



Penderita diabetes juga bisa makan popcorn dengan syarat jangan diberi campuran seperti gula, karamel dan rasa lainnya. Yang paling aman yaitu popcorn tawar saja.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved