Sumber foto: google

Kurang Diakui tapi Penuh Manfaat, Ini 5 Khasiat Tanaman Vervain untuk Kesehatan

Tanggal: 21 Mei 2024 07:26 wib.
Tanaman vervain atau Verbena officinalis merupakan tanaman herbal yang diandalkan dalam pengobatan tradisional China. Tanaman ini ditandai dengan daun bergerigi dan bunga kecil tubular berwarna ungu muda atau putih. Sejak ratusan tahun lalu, tanaman vervain telah banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti masalah pencernaan, luka bakar, peradangan, serta depresi. Meski begitu, belum ada banyak penelitian yang mendukung secara konklusif manfaat dari tanaman vervain ini.

Menurut laman Verywell Health, tanaman vervain memiliki beberapa manfaat penting yang perlu dikenal masyarakat. Berikut adalah rangkumannya:

5 Manfaat Tanaman Vervain

1. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Dari penelitian tahun 2020, diketahui bahwa tanaman vervain memiliki efek antidepresan. Hasil studi tersebut menyatakan bahwa ekstrak vervain pada dosis 200 mg/kg berat badan tikus betina efektif menurunkan gejala depresi. Efek tersebut dipengaruhi oleh kandungan senyawa flavonoid, polifenol, tanin, dan steroid dalam vervain.

2. Mengatasi Insomnia

Tanaman vervain juga memiliki efek sedatif yang dapat membantu mengatasi insomnia. Uji penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air vervain pada dosis 50–300 mg/kg berat badan tikus menghasilkan peningkatan efek obat penenang. Efek ini diduga berasal dari senyawa verbenalin dalam tanaman vervain.

3. Sifat Antimikroba

Penelitian di laboratorium mengungkapkan bahwa tanaman vervain memiliki efek antimikroba yang efektif melawan pertumbuhan jamur dan bakteri. Studi tahun 2017 bahkan menyebutkan bahwa batang, daun, dan akar vervain memiliki sifat antimikroba yang tinggi, bahkan lebih kuat dari beberapa antibiotik.

4. Aktivitas Antikanker

Selain itu, hasil penelitian mencatat bahwa ekstrak vervain dosis tinggi dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Kandungan verbenosida A dan B dalam tanaman vervain dapat menginduksi kematian sel kanker, memberikan harapan untuk pengembangan terapi antikanker.

5. Menurunkan Durasi Kejang

Tanaman vervain juga menunjukkan potensi dalam menurunkan durasi kejang atau memiliki efek antikonvulsan. Dari penelitian pada 2016, diketahui bahwa tanaman ini dapat menurunkan durasi kejang klasik pada tikus.

Tanaman vervain memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai bahan alami dalam pengobatan berbagai kondisi kesehatan. Meski belum banyak dikenal secara luas, penelitian lebih lanjut tentang manfaat dan efek sampingnya dapat menjadikan tanaman ini sebagai alternatif yang menarik dalam pengobatan herbal.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved