Kulit Kepala Sering Gatal-Gatal? Mungkin Salah Satu Hal Ini Penyebabnya

Tanggal: 6 Mar 2018 19:59 wib.
Tampang.com - Rambut gatal memang jadi salah satu hal yang sangat mengganggu, apalagi dengan aktivitas yang padat di setiap harinya. Masalah tersebut salah satunya terjadi karena adanya ketombe.

Selain merasakan gatal di kepala, ketombe pun bisa mengurangi kepercayaan diri, jika terlihat oleh orang. Dengan adanya ketombe, orang menilai bahwa kita tidak bersih.

Hingga saat ini, ketombe termasuk pada salah satu penyakit yang susah untuk dihilangkan. Sering kali pergi, hanya untuk kembali di lain hari.

Ketombe itu sebenarnya lebih tepat bila dihubungkan dengan kondisi kulit kepala. Semakin cepat sel-sel kulit mati, semakin banyak pula ketombe yang rontok di bahu. Untuk itu diperlukan kendali yang ketat untuk mengontrol pertumbuhannya.

Dikutip dari laman Sooperboy, berikut beberapa penyebab mengapa seseorang lebih rentan terserang ketombe dibandingkan yang lain.

Stres

Pekerjaan menumpuk, ketombe pun juga menumpuk. Biasanya, untuk yang telah memiliki masalah ketombe, problem ini akan semakin rumit ketika pikiran penuh dengan tekanan.

Ditambah lagi kebiasaan untuk menggaruk kepala ketika tidak menemukan solusi dalam pekerjaan akan semakin memperparahnya.

Jenis Kelamin

Ternyata pria lebih rentan terserang ketombe daripada wanita. Ini karena hormon kaum adam berpotensi memicu kelenjar-kelenjar minyak di kulit kepala untuk berproduksi melebihi kebutuhan. Kulit kepala terlalu lembap bisa memperluas daerah jajahan ketombe.

Usia

Seorang bayi pun juga bisa terserang ketombe. Namun diperkirakan bahwa usia paling rentan bagi manusia untuk memiliki masalah ketombe adalah ketika sedang dalam usia dewasa.

Gizi Buruk

Masalah ketombe biasanya muncul bagi mereka yang tak memiliki cukup asupan vitamin B, seng, serta beberapa jenis lemak tertentu.

Parkinson

Parkinson dan penyakit yang menyerang saraf tubuh ternyata juga memiliki kemungkinan untuk memperparah ketombe.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved