Konsumsi 5 Makanan Ini Dapat Memperlancar Produksi ASI

Tanggal: 21 Jun 2018 14:25 wib.
Tampang.com - ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan pokok yang perlu diberikan secara eksklusif pada bayi berusia 0-6 bulan. Saat usia 0 - 6 bulan, bayi tidak mengonsumsi makanan lain oleh karena itu, kandungan ASI harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi agar bayi tetap sehat.

Agar produksi ASI tetap lancar maka seorang ibu harus mengetahui jika ada beberapa makanan pelancara ASI yang dapat dikonsumsi. Berikut ulasannya...

1. Kacang almond

Kacang almond mengandung kalsium yang cukup tinggi yang mampu meningkatkan produksi ASI secara signifikan pada ibu menyusui.

2. Buah pisang

Pisang dapat memperbaiki kualitas ASI karena mengandung yodium yang tinggi. Yodium sangat dibutuhkan ibu menyusui utuk memproduksi hormon tiroid sehingga dapat menjaga fungsi otak bayi serta perkembangan sistem sarafnya.

3. Sayuran berwarna kuning dan hijau tua

Sayuran berwarna hijau seperti daun bayam, daum pepaya dan daun katuk dapat mengentalkan ASI. Daun bayam juga sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI karena mengandung enzim phytoestrogen. Konsumsilan setidaknya tiga porsi sayuran berwarna hijau dan kuning yang mengandung asam folat untuk perkembangan bayi.

4. Ikan salmon dan kacang-kacangan

Salah satu komponen penyusun ASI yaitu protein. Idealnya, dalam kolostrum, ASI 6 bulan pertama mengandung 2,7 gram protein. Protein dapat dihasilkan dari makanan dengan sumber protein tinggi seperti kacang kedelai, ikan salmon, edamame dan daun katuk.

5. Wortel

Wortel dapat dikonsumsi dengan banyak cara bisa dibuat sup ataupun jus yang menyegarkan. Wortel juga dapat menjadi makanan diet untuk ibu menyusui. Vitamin A pada wortel sangat baik untuk memelihara kesehatan mata si kecil dan vitamin C yang ada pada wortel sangat baik sebagai antioksidan.
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved