Kini, Ditemukan Zat yang Diklaim Mampu Mengusir Kecanduan Pada Pengguna Ganja

Tanggal: 23 Jul 2017 17:24 wib.
Tampang.com - Tim peneliti dari University of Maryland, College Park, Amerika Serikat, telah menemukan solusi baru untuk menghentikan gejala kecanduan terhadap ganja.

Dikutip dari Live Science, Minggu (23/7), cara baru ini dengan meningkatkan kadar senyawa alami pada otak, sehingga dapat menghilangkan rasa untuk menghisap ganja.

Seperti diketahui, salah satu kandungan dalam ganja, THC adalah zat yang mengaktifkan zat kimia dopamin dalam otak yang memunculkan rasa kecanduan. Nah, senyawa dengan nama Asam Kynurenic adalah zat yang mampu menghilangkan THC dan Dopamin.

"Asam kynurenic bekerja untuk menghalangi dopamin yang memunculkan rasa kecanduan pada otak. Kami sudah menemukan beberapa tahun lalu, bahwa asam kynurenic dapat mengontrol dopamin," kata Robert Schwarcz, profesor psikiatri di University of Maryland, College Park.

Para peneliti juga menyampaikan, fungsi asam kynurenic hampir sama dengan zat tryptophan yang ditemukan di dalam pisang Turki. Kedua zat ini secara alami akan mengontrol kadar dopamin di dalam otak.

Tim peneliti menguji hal ini dengan menguji coba pada tikus dan monyet yang telah kecanduan obat. Setelah diberi Asam Kynurenic, kedua hewan tersebut tidak lagi kecanduan.

"Hasilnya diketahui asam kynurenic mampu melumpuhkan dopamin di dalam otak. Asam kynurenic dapat mencegah munculnya kecanduan ganja pada hewan-hewan tersebut, tentu itu dilihat dari zat dopamin yang tidak muncul di otak hewan tersebut," jelas Schwarcz.

Sayangnya, asam kynurenic belum di uji coba pada manusia. Sehingga belum diketahui efeknya pada orang-orang yang kecanduan ganja. Tapi, peneliti sangat yakin asam kynurenic mampu menghentikan kecanduan pada ganja dan tidak akan kambuhan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved