Khasiat Blimbing Wuluh yang belum Diketahui Banyak Orang

Tanggal: 18 Des 2017 14:24 wib.
Tampang.com - Buah yang satu ini memang jarang sekali di dengar bahwa mempunyai banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan. Karena lebih sering untuk bahan masakan atau sayuran. Namun buah yang satu ini memang kecil mudah didapat di halaman rumahan dan harganya sangat murah, tapi banyak mengandung khasiat yang baik untuk tubuh.

Buah asam ini memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi. Dimana batang belimbing wuluh memiliki kandungan saponin, sulfur, tanin, glucoside, kalsium oksalat, dan asam format. Adapun daunnya mengandung tanin, sulfur, asam format, dan perokside. Buahnya secara khusus bisa digunakan untuk menurunkan tensi darah.

1.Menurunkan Tensi Darah

Gejala akibat hipertensi tidak sama pada setiap orang, namun gejala hipertensi secara umum yaitu sakit kepala berlebihan, detak jantung terasa cepat (jantung berdebar), rasa pegal pada tengkuk (terasa tidak nyaman), pusing dan telinga berdenging.

 Cara membuat ramuannya:

Pertama-tama siapkan 3 buah belimbing wuluh yang berukuran sedang.
Cuci buah belimbing wuluh hingga bersih, kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian. 
Lalu rebus dengan tiga gelas air, biarkan mendidih hingga hanya tersisa satu gelas. 
Setelah itu tunggu agak mendingin airnya (tidak terlalu panas), lalu airnya disaring.
Minum air ramuan tersebut di pagi hari (setelah melakukan sarapan).

2.Untuk Diet

Belimbing wuluh bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Hal itu karena belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan serat. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membantu memperlancar diet Anda.

Lancarnya proses metabolisme tubuh yang berjalan secara optimal, berarti juga akan membakar lemak di dalam tubuh secara optimal.

3.Membuat Wajah Berseri

Anda juga bisa membuat masker belimbing wuluh yang bermanfaat menjadikan wajah menjadi cerah, berseri dan halus.
Untuk membuat maskernya, pertama-tama siapkan 10 buah belimbing wuluh, pastikan semuanya telah dicuci menggunakan air bersih.
Setelah itu Anda haluskan belimbing wuluh yang sudah dibersihkan tersebut hingga hancur (lumat). Sehingga nantinya bisa melekat di kulit.

4. Mengobati Batuk

Ketika penyakit batuk muncul, mengakibatkan aktivitas yang dijalankan sehari-hari menjadi terganggu. Sehingga walaupun penyakit batuk bukanlah jenis penyakit yang serius, namun karena menganggu tetap harus secepatnya disembuhkan.

Cara Membuat Ramuannya:
Pertama-tama campurkan air, belimbing wuluh dan gula pada satu wadah.

Tim selama 1 jam. 
Lalu angkat, tunggu hingga mendingin.
Lalu Anda saring air belimbing wuluh menggunakan kain.
Lalu bagilah menjadi dua, yaitu agar diminum di pagi dan malam hari. Minum sebelum makan.

5. Mengobati Deabetes

Kandungan di dalam belimbing wuluh bermanfaat bagi penderita diabetes. Di dalam belimbing wuluh terkandung senyawa saponin dan flavonoid, yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi zat insulin oleh pankreas, dan juga bermanfaat untuk memulihkan sel-sel pankreas yang mengalami kerusakan.

6. Mengobati Sakit Gigi

Belimbing wuluh memiliki kandungan zat yang mampu dengan baik melawan bakteri, sehingga baik digunakan untuk mengobat sakit gigi. Untuk pemanfaatan-nya, Anda bisa mengkonsumsi belimbing wuluh saat sakit gigi datang mendera.

Cara lainnya dari memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengobati sakit gigi, yaitu dengan cara: pertama-tama tumbuk belimbing wuluh hingga halus. Lalu letakan pada gigi yang berlubang dan sakit.

7. Menghilangkan Panu

Kandungan di dalam belimbing wuluh mempunyai fungsi sebagai anti jamur, yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan panu sedikit demi sedikit.

Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengobati panu, yaitu dengan memarut belimbing wuluh, lalu diaplikasikan pada kulit yang terkena panu.

Cara lainnya, Anda perlu menyiapkan belimbing wuluh dan kapur sirih. Kombinasi campuran belimbing wuluh dan kapur sirih akan menjadi bahan yang ampuh untuk mengobati panu dan jamur.

8. Untuk Kesehatan dan Keindahan Bibir

Bahan-bahan alami sebenarnya sudah banyak tersedia untuk melakukan perawatan bibir secara alami, salah satunya Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk bibir. Penggunaan belimbing wuluh untuk bibir sangat mudah.

Pertama-tama siapkan belimbing wuluh, lalu Anda belah dan oleskan ke bibir secara merata. Namun, dalam melakukan perawatan ini, kondisi bibir tidak boleh dalam keadaan pecah-pecah.

9.Untuk Kulit Tubuh

Tentunya orang-orang ingin memiliki kulit yang lebih bersih dan cerah. Ada cara alami yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Jika dikonsumsi, belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas, serta menjadikan kulit lebih awet muda. Manfaat kandungan belimbing wuluh dapat membantu menjaga kesehatan dan kecerahan kulit tubuh.

Cara melakukannya, pertama-tama haluskan belimbing wuluh menggunakan blender (bisa juga dengan diulek), setelah itu campurkan dengan air hangat di dalam sebuah wadah. Kemudian aduk sampai tercampur rata.

Lalu Anda oleskan ramuan tadi pada seluruh tubuh, seperti hanya melakukan lulur.
Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan selama 15 menit (hingga ramuan mengering di kulit).
Setelah itu, barulah membilas kulit sampai bersih. Selesai.

Disarankan untuk melakukan terapi ini sebelum tidur, agar kulit bisa lebih santai dan juga akhirnya akan mengoptimalkan manfaat kandungan belimbing dalam menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit tubuh secara menyeluruh.

10.Menghilangkan Jerawat

Kandungan di dalam belimbing wuluh bermanfaat untuk membantu menghilangkan dan mengempeskan jerawat membandel. Kandungan zat asam yang ada di dalam belimbing wuluh memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif.

Setelah itu belimbing wuluh diparut dan diberikan sedikit garam. Kemudian tempelkan ramuan ini pada kulit yang berjerawat. Selesai.

Lakukan terapi alami ini sebanyak dua kali dalam sehari.

11. Mengobati Sariawan

12. Obat Rematik

13. Gusi Berdarah

14. Kompres Saat Gondokan

15. Mengatasi Pegal Linu

16. Mengusir Karat pada Besi

Blimbing Wuluh memang buah yang kecil dan tak berharga mahal, namun sarat akan manfaat dan khasiat buat tubuh.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved