Ketahui Jenis Produk Asuransi dan Berbagai Manfaatnya

Tanggal: 8 Okt 2019 16:22 wib.
Kehidupan tidak lepas dari yang namanya resiko dan untuk mengantisipasi hal tersebut tentunya dibutuhkan persiapan agar siap menghadapinya. Dan sebagai bentuk dari persiapan menghadapi resiko adalah dengan menngunakan produk asuransi sebagai proteksi diri. Karena asuransi memiliki karakteristik sebagai proteksi untuk resiko yang tidak dapat kita hadapi sendiri. Seperti halnya dengan biaya kesehatan, berhentinya penghasilan akibat kematian atau bahkan mengalami cacat seumur hidup.  Asuransi merupakan salah satu bagian dari manajemen resiko yang akan berpengaruh dalam melindungi aset seseorang dan memiliki fungsi untuk melindungi aset dari kerugian finansial. 


Asuransi jiwa


Hidup seseorang adalah salah satu aset yang paling berharga. Pada setiap orang telah diberikan kemampuan untuk memperoleh kekayaan namun bila suatu saat terjadi peristiwa yang mengakibatkan seseorang tersebut tidak dapat lagi untuk memperoleh kekayaan maka hal tersebut akan menyebabkan kerugian finansial. Oleh karena itulah terdapat produk asuransi jiwa. Di dalam asuransi jiwa ini merupakan suatu peroteksi terhadap kerugian finansial akibat suatu kejadian yang mnyebabkan seseorang tidak mempunyai kemampuan untuk bekerja lagi. Dan uang pertanggungan yang terdapat di dalam asuransi jiwa adalah nilai untuk mengganti kerugian keuangan atau melindungi arus keuangan seseorang bila terjadi seseorang tersebut tidak dapat bekerja lagi. Asuransi ini tidak hanya bermanfaat untuk orang yang hidupnya bergantung kepada kita seperti keluarga, istri atau anak. Oleh karena itulah asuransi ini bermanfaat untuk orang yang berada di sekitar kita.

Manfaat dari asuransi jiwa yaitu memberikan perlindungan atau ganti rugi finansial ketika seseorang yang ditanggung oleh asuransi tersebut meninggal dunia. Setiap orang tidak dapat luput dari kematian. Asuransi jiwa ini paling banyak dipergunakan oleh masyarakat. Dan biasanya asuransi ini banyak dipergunakan oleh seseorang yang menjadi kepala keluarga sehingga bila terjadi sesuatu padanya kehidupan keluarga yang ditinggalkan dapat terus berlangsung. 


Asuransi penyait kritis


Asuransi lainnya selain asuransi jiwa adalah asuransi penyakit kritis. Asuransi jenis ini dapat memberikan perlindungan atau ganti rugi finansial ketika tertanggung mengalamu sakit yang tergaolong pada penyakit kritis . Pengertian penyakit kritis di sini berbeda-beda. Hal tersebut dapat diketahui pada persyaratan yang tertera di dalam polis asuransi. Misalnya saja penyakit kanker yang memiliki beberapa stadium, pada beberapa produk asuransi penyakit kritis ada yang menggolongkan pernyakit tersebut bukan sebagai penyakit kritis namun ada juga yang melindungi tahap awal penyakit kritis. Maka dari itu untuk persyaratan penyakit kritis harus mengacu pada polis atau kontrak asuransi yang ada.


Asuransi kesehatan


Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Mengapa demikian? Karena produk asuransi ini akan memberikan perlindungan berupa biaya pengobatan sakit dan digunakan untuk melindungi perawatan selama di rumah sakit namun ada juga yang melindungi rawat jalan setelah keluar dari rumah sakit. Asuransi kesehatan ini biasanya merupakan asuransi kesehatan per individu. 


Asuransi umum


Yaitu asuransi yang membayar ganti rugi atas resiko yang menimpa aset seseorang seperti rumah dan mobil. Namun ada juga jenis asuransi umum yang melindungi perjalanan karena banyak kerugian yang dapat dialamu oleh seseorang ketika melakukan perjalnan jauh. Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa jiwa merupakan hal yang lebih penting dibandingkan dengan aset karena selama masih hidup aset merupakan hal yang dapat dicari.


Asuransi rumah


Yaitu produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap resiko terjadi suatu peristiwa seperti kebanjiran, kebakaran serta kerusakan lainnya. Sehingga bila terjadi dari salah satu kerugian akibat kejadian tersebut maka akan mendapatkan ganti rugi yang berupa uang pertanggungan untuk membangun kembali rumah tersebut. Untuk uang pertanggungan pada produk asuransi rumah ini disesuaikan dengan pertanggungan terhadap resiko apa saja serta berapa besar rumah yang harus diasuransikan.


Asuransi kendaraan


Adalah asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap resiko yang terjadi pada kendaraan yang kita miliki. Dan biasanya resiko yang sering terjadi yaitu kehilangan dan kerusakan. Untuk asuransi kendaraan biasanya dibagi menjadi asuransi total loss (kehilangan saja ) atau all risk (semua resiko).


Asuransi perjalanan


Sebuah produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap resiko yang terjadi pada saat kita sedang melakukan perjalanan. Perjalanan yang dimaksud biasanya merupakan perjalanan yang memakan waktu yang cukup panjang serta menuju tempat yang relatif jauh. Pada umumnya resiko yang dicover adalah resiko kehilangan barang, resiko keterlambatan pesawat, resiko sakit di luar negeri serta resiko lainnya yang dapat timbul ketika melakukan perjalanan.


Asuransi kecelakaan diri


Yaitu asuransi yang memberikan perlindungan terhadap resiko kecelakaan yang dapat terjadi pada saat sedang dalam jam kerja atau sedang melakukan perjalanan bisnis. Bila terjadi kecelakaan pada saat sedang melakukan pekerjaan maka akan mendapatkan ganti rugi secara finansial. Umumnya kecelakaan diri ini hanta ersifat dalam kurun waktu tertentu.

Setelah mengetahui mengenai jenis-jenis asuransi yang harus dimiliki, sudahkah menentukan pilihan yang tepat? Sedia payung sebelum hujan tentunya tidak ada salahnya ya. Karena dengan mempersiapkan sesuatu di kemudian hari merupakan hal yang baik namun tentunya produk asuransi dengan premi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Bukankah menikmati hidup dengan baik serta menjalani hari tua tanpa kendala akan membuat hidup semakin nyaman dan aman.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved