Kesalahan Saat Minum Obat yang Bikin Obat Tidak Bermanfaat

Tanggal: 20 Mar 2018 10:56 wib.
Tampang.com - Obat merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menyembuhkan beragam penyakit. Namun obat juga bisa saja tidak berguna ketika diminum karena beberapa alasan seperti berikut:

1. Tidak mengikuti jadwal mengonsumsi obat

Obat harus diminum sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Terutama jika yang dikonsumsi merupakan obat antibiotik. Agar obat dapat bermanfaat untuk tubuh maka penting untuk menjaga jumlah konsentrasi obat yang tepat dalam tubuh.

2. Jangan berhenti di tengah jalan

Walaupun Anda merasa sudah sembuh dan obat masih tersisa maka sebaiknya lakukan pengobatan hingga tuntas. Hal ini dapat mencegah Anda untuk kembali terkena penyakit yang sama.

                

3. Hati-hati dengan minuman saat sedang mengonsumsi obat

Terkadang Anda mengonsumsi obat-obatan dengan minuman lain. Hal ini akan mengurangi efek dari obat yang dikonsumsi. Minuman seperti soda dan kopi sangat tidak dianjurkan. Begitu juga dengan teh karena dapat membuat tubuh mengurangi proses penyerapan obat-obatan. Obat juga tidak boleh dikonsumsi dengan susu karena susu dapat membuat lemah efek obat.

4. Mencampur obat-obatan

Jika Anda diberikan resep secara bersamaan maka berika jeda untuk mengonsumsi obat. Setidaknya berikan jeda setengah jam untuk setiap konsumsi obat.

5. Mencampur obat dengan makanan yang salah

Hati-hati dalam mengonsumsi obat karena jenis obat tertentu tidak boleh diminum ketika makan. Anda juga perlu berhati-hati agar tidak mencampurnya dengan makanan yang kaya akan serat. Makanan tersebut dapat menghilangkan sebagian komponen dalam obat yang bergunan untuk tubuh.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved