Sumber foto: diane39

Kentut Sangat Bau Apa Penyebabnya? Ini Penjelasannya...

Tanggal: 25 Apr 2024 23:03 wib.
Apakah kentut Anda belakangan memiliki bau yang sangat tidak sedap? Menurut ahli, bau kentut bisa dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan, kondisi pencernaan, dan efek penggunaan obat-obatan tertentu. Kentut yang sangat bau seringkali menjadi hal yang memalukan dan membuat tidak nyaman bagi banyak orang. Semakin lama kentut tersebut tidak enak, semakin besar kemungkinan bagi kita untuk mencari tahu penyebabnya.

Menurut Health, jika kentut Anda memiliki bau seperti telur busuk, kemungkinan besar karena kandungan hidrogen sulfida. Gas ini dihasilkan oleh bakteri yang memecah makanan di sistem pencernaan Anda. Ketika bercampur dengan gas lain yang dihasilkan tubuh Anda, hasilnya adalah bau seperti telur busuk atau belerang, yang tidak sedap.

Terkadang, kentut sangat bau terbentuk ketika terlalu banyak bakteri yang dengan cepat memecah makanan yang tidak tercerna di usus besar Anda. Di lain waktu, kentut yang berbau berlebihan mungkin menandakan suatu kondisi kesehatan.

Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai penyebab kentut sangat bau.

Penyebab Kentut Sangat Bau

Menurut Health dan Healthline, beberapa faktor yang dapat menyebabkan kentut Anda sangat bau antara lain adalah:

1. Makanan Berserat Tinggi

Mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti brokoli, pakcoy, asparagus, dan kubis dapat menyebabkan kentut sangat bau. Makanan berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai dalam sistem pencernaan Anda, sehingga difermentasi bakteri lebih lama. Sehingga, mereka dapat menghasilkan gas berlebih yang dapat meningkatkan bau kentut.

2. Intoleransi Makanan

Intoleransi terhadap gula seperti fruktosa dan laktosa juga bisa menjadi penyebab bau kentut yang tidak sedap. Gula ini melewati usus kecil tanpa diserap, dan kemudian dicerna oleh bakteri di usus besar Anda, menghasilkan gas berlebih yang sangat bau. 

3. Pengobatan

Beberapa obat dapat memengaruhi usus Anda dan meningkatkan produksi gas dan bau kentut. Misalnya, antibiotik membunuh patogen berbahaya di dalam tubuh, tetapi obat ini juga dapat menghancurkan beberapa bakteri baik di perut. Tanpa bakteri baik itu, kentut Anda bisa lebih bau.

4. Sembelit

Sembelit membuat tinja menumpuk di usus besar Anda. Buang air besar yang tidak teratur dapat menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak. Hal ini mengakibatkan gas yang menumpuk dan dikeluarkan menjadi kentut yang bau busuk. Perbanyak minum air putih dan olah raga secara rutin dapat mengatasi dan mencegah sembelit.

5. Penumpukan Bakteri dan Infeksi Saluran Pencernaan

Proses pencernaan yang terganggu dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebihan di usus. Beberapa bakteri dapat menyebabkan infeksi pada usus dan saluran pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan volume gas lebih tinggi dari biasanya dan bau kentut lebih menyengat.

6. Kanker Usus Besar

Penyebab kentut sangat bau yang lebih serius adalah kanker usus besar. Polip atau tumor yang terbentuk di saluran pencernaan dapat menyebabkan penyumbatan sebagian usus, mengakibatkan penumpukan gas dan kentut yang sangat bau. Jika Anda mulai memiliki bau kentut yang tidak normal, sebaiknya segera periksa ke dokter.

7. Bedah Bariatrik

Operasi bariatrik dapat menyebabkan komplikasi yang mencegah perut mengeluarkan limbah dengan benar ke usus kecil, yang disebut dumping syndrome. Hal ini juga bisa menyebabkan kentut yang lebih bau.

Menurut Single Care, rata-rata orang menghasilkan hingga 1,5 liter gas setiap hari yang dikeluarkan dalam bentuk kentut. Gas tersebut sebagian besar tidak berbau, namun ada sedikit volume gas yang berhubungan dengan bau tidak sedap.

Sebagian besar penyebab kentut sangat bau tidaklah berbahaya. Namun, adanya bau kentut yang tidak normal dapat menjadi indikator adanya infeksi pada saluran pencernaan, masalah pencernaan, atau kondisi medis seperti kanker usus besar.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved