Kenapa Main HP Saat Naik Mobil Bikin Mual? Ini Jawabannya.

Tanggal: 2 Apr 2024 08:40 wib.
Saat sedang gabut di perjalanan mudik naik mobil atau kendaraan serupa, seringkali kita merasa ingin membuka HP untuk sekadar meramaikan perjalanan. Namun, tak jarang, setelah beberapa menit bermain HP, tiba-tiba muncul sensasi kepala bergoyang dan terasa mual. Akhirnya, perangai membuka HP pun terhenti karena merasa tidak enak badan.

Pernahkah Anda mengalami hal serupa? Tentu, hal ini mengganggu kenyamanan saat berkendara. Mengapa sebenarnya main HP saat naik mobil bisa membuat mual? Apakah ada cara lain untuk mengatasinya selain berhenti main HP? Simak penjelasannya di bawah.

Kenapa Main HP Saat Naik Mobil Bikin Mual?

Mengapa, ya, kita bisa merasa mual saat main HP di atas kendaraan seperti mobil? Padahal, jika tidak melihat layar, kita tidak merasa apa-apa. Sebelum menjawabnya, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan motion sickness alias mabuk perjalanan.

Motion sickness atau mabuk kendaraan adalah kondisi yang sering dialami saat berpergian, seperti yang dilansir oleh NHS. Biasanya, hal ini terjadi saat kendaraan sedang bergerak.

Mabuk perjalanan terjadi akibat adanya konflik pada panca indra kita. Ketika kita berada di perjalanan, mata kita melihat suatu hal tertentu yang mungkin bergerak dengan cepat. Namun, di sisi lain, otot merasa kita sedang duduk diam, sedangkan sistem vestibular pada telinga yang mengontrol rasa keseimbangan tidak bisa bekerja dengan baik.

Semua respons yang didapat indra selama perjalanan membuat otak kebingungan. Otak tidak bisa menerima sinyal yang bercampur tersebut, akibatnya, kita merasa pusing dan mual.

Di sisi lain, terdapat pula istilah cybersickness. Kondisi ini mirip dengan motion sickness, tetapi terjadi karena terlalu banyak stimulasi mata yang tidak selaras dengan rangsangan yang diterima oleh telinga dan otak, seperti yang dilansir oleh Healthline. Belum lagi kecerahan layar yang membuat mata menjadi tidak nyaman.

Mungkin, ketika kita naik kendaraan dan menerima segala stimulasinya, tubuh kita masih bisa mentolerir sehingga kita tidak mengalami motion sickness. Namun, ketika kita memutuskan untuk main HP, semuanya berubah. Stimulasi yang diterima mata tidak lagi sinkron dengan otot dan telinga, sehingga kita mengalami kombinasi antara motion sickness dan cybersickness. 

Cara Mengatasi Mual Saat Main HP di Mobil atau Kendaraan

Setelah memahami mengapa main HP saat naik mobil bisa membuat mual, tentu saja kita perlu mencari solusinya. Bagaimana cara mengatasinya?

Pertama, kita perlu mengurangi bentrokan stimulasi pada panca indra. Dengan demikian, otak tidak menerima sinyal secara berlebihan dan telinga dapat menjalankan peran keseimbangannya secara maksimal. 

Sebisa mungkin, jangan melihat HP saat sedang dalam perjalanan. Hal ini bisa menambah sinyal yang diterima otak sehingga indra pun semakin bingung, seperti yang dilansir oleh Seniors Blue Book. Alih-alih melihat ponsel, ada baiknya biarkan mata beristirahat.

WebMD menyarankan untuk melihat objek yang stabil. Misalnya, ketika di mobil, kita dapat melihat pemandangan di depan yang cenderung tetap. Selain itu, kita dapat memusatkan pikiran pada suatu hal tanpa membebani berbagai indra. Contohnya, dengan menarik napas dalam-dalam dan menghitung mundur dari 100. Kita juga dapat menutup mata, lho!

Jika memang harus membuka HP saat di perjalanan, kita dapat mencoba sinkronisasi antara apa yang kita lihat dengan apa yang kita dengar. Cobalah untuk menggunakan headset untuk mendengarkan lagu, mencari tempat duduk di posisi yang cenderung stabil (seperti kursi penumpang depan), dan sebagainya.

Setelah menelaah uraian di atas, apakah Anda merasa sudah mendapatkan jawaban atas rasa penasaran mengapa main HP saat naik mobil dapat membuat mual? 

Referensi:

- WebMD. Diakses pada Maret 2024. Why Do I Get Motion Sickness?
- Healthline. Diakses pada Maret 2024. All About Cybersickness
- NHS. Diakses pada Maret 2024. Motion Sickness
- Seniors Blue Book. Diakses pada Maret 2024. Motion Sickness and How to Stop It
Copyright © Tampang.com
All rights reserved