Kenali Penyebab Tumor Otak yang Ditimbulkan dari Ponsel!

Tanggal: 22 Jul 2018 17:43 wib.
Tumor terjadi karena adanya sel yang tidak normal yang bisa berkembang dengan cepat sehingga merusak jaringan atau organ tubuh manusia. penyebabnya pun sangat dekat dengan aktivitas kita sehari-hari. Seperti meletakkan telepon seluler di dekat tubuh kita.

Apakah Anda sering melakukan hal itu? Jika iya. Kebiasaan tersebut jelas mengancam kesehatan Anda, sebab telpon seluler menghasilkan radiasi medan elektromagnetik yang bisa menyebabkan tumor otak.

Dilansir dari laman Boldsky, The All India Institute of MedicalSciences (AIIMS), Delhi, pada tahun 2017, menyebutkan dalam tulisannya bahwa penyebab tumor otak terjadi pada orang-orang yang menggunakan ponsel selama lebih dari 45 menit, selama sepuluh periode terakhir, mengalami kenaikan sebanyak 33 persen sebagai akibat dari paparan radiasi ponsel.

Peningkatan jumlah kasus otak juga terjadi pada seseorang yang terus-menerus (biasa) menyimpan ponselnya di bawah bantal ketika tidur.

Perlu diketahui, seseorang memiliki risiko paling tinggi terkena tumor otak adalah wanita hamil. Di samping itu, paparan radiasi dari ponsel juga berakibat pada kualitas sperma, misalnya meletakkan ponsel maupun leptop di atas pangkuan Anda.

Ketiga, radiasi ponsel juga bisa menyerang anak-anak, di mana paparan radiasi ponsel dapat menyebabkan sejumlah sel otak anak-anak mudah rusak. Untuk itu, hindari dan batasi penggunaan ponsel pada anak-anak dalam jangka waktu yang lama.

Sehubungan dengan hal itu, dilansir dari kumparan, dokter ahli spesialis Bedah Saraf, dr. Agus C. Anab, Sp.B.S., mengungkapkan angka pasien penderita tumor otak di Indonesia terus meningkat per tahunnya hingga menembus angka 25.000 pasien. Angka tersebut di luar kasus tumor otak lainnya.

Dokter Agus mengungkapkan, hingga saat ini, penyebab tumor otak masih belum terdeteksi. Namun, berbagai kemungkinan bisa menjadi faktor risiko penyebabnya.

"Sampai saat ini, faktor penyebabnya belum diketahui pasti. Tapi bisa jadi penyebabnya berasal dari virus, radiasi, zat kimiawi seperti penyedap rasa dan rokok, elektromagnetik, hormonal seperti menggunakan pil kb bisa menjadi pemicunya," terangnya.

Dengan demikian, keberadaan ponsel diakui sangatlah membantu dalam kehidupan manusia. Namun, kita harus menggunakan ponsel secara benar dan bijaksana. Sebab, selain menguntungkan, ponsel yang kita gunakan juga bisa mengancam kesehatan diri kita sendiri.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved