Kenali dan Waspadai Gejala Kanker Paru-Paru pada Wanita

Tanggal: 26 Des 2018 11:11 wib.
Tampang.com - Sakit pada paru-paru banyak orang yang menganggap lebih sering meyerang kaum pria terutama mereka yang merokok, namun ternyata sakit pada paru-paru bahkan bisa berupa tumor atau kanker pada paru-paru bisa menyerang kaum wanita juga lho. 

Kanker paru-paru pada wanita biasa disebut Adenokarsinoma, menyerang paru-paru wanita di lapisan luar paru-paru karena itu agak sulit didiagnosa untuk tahap awal terserang penyakit ini. namun bahayanya penyakit ini adalah cepat sekali menyebar ke organ lain seperti tulang, hati dan kelenjar getah bening. 

beberapa tanda atau gejala kanker paru-paru pada wanita yang perlu diketahui sejak dini agar tidak menyebar ke organ lain dan patut diwaspadai, antara lain :


Rasa Lelah yang cukup Berat


Rasa lelah pada tubuh yang terjadi secara tiba-tiba padahal tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan yang berat, menjadi tanda awal atau gejala sakit paru-paru.


Sesak Napas


Napas terasa sesak saat berolah raga, ini bisa terjadi karena sesuatu yang menghalangi siklus pernapasan wanita, waspadai dan segerakan periksakan ke dokter siapa tau itu gejala adanya tumor di paru-paru.


Nyeri pada Punggung dan Bahu


Tumor atau kanker yang berada diatas paru-paru atau di lapisan luar paru-paru pada wanita akan menyebabkan nyeri pada punggung dan bahu. 


Nyeri di Dada


Banyak yang menyangka jika sakit pada dada atau terasa ada benjolan, ini gejala penyakit kanker payudara, padahal belum tentu, bisa saja itu gejala sakit pada paru-paru yang disebabkan karena adanya tumor atau kanker di dada yang menyebabkan dada terasa sakit atau nyeri.

 


Batuk Terus Menerus


Jika wanita batuk terus menerus, waspadai itu bukan gejala batuk atau flu karena faktor udara yang ekstrem, tapi bisa saja itu gejala kanker paru-paru karena pernapasan dalam organ tubuh kita menjadi terganggu.

 


Batuk Berlendir dan Berdarah


Saat batuk biasanya terlihat berlendir dan bahkan berdarah, orang banyak menganggap itu radang tenggorokan karena sakit tenggorokan, waspadai bisa saja itu gejala kanker paru-paru karena terjadi sumbatan di saluran pernapasan.


Suara Serak


Suara wanita yang sering mengalami serak, patut diwaspadai karena tumor yang ada di saluran pernpasan membuat orang sering membersihkan tenggorokannya , ini yang dapat menimbulkan suara serak. Suara yang keras saat kita bernapas juga bisa jadi gejala kanker paru-paru.

Menjaga kesehatan lebih baik daripa mengobati, karena itulah kenali dan waspadai jika tanda-tenda atau gejala sakit pada paru-paru ini terasa di diri kita. segeralah periksakan ke dokter agar segera diobati dan dicegah agar jangan sampai menyerang organ tubuh lainnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved