Kandungan Wortel yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Tanggal: 21 Mar 2018 08:27 wib.
Manfaat wortel bagi kesehatan tentu banyak, sebab sayuran umbi yang berwarna orange ini mengandung banyak nutrisi penting, beta-karoten, vitamin A, mineral dan anti-oksidan lain dalam jumlah yang cukup tinggi. Wortel dengan rasanya yang  manis, lezat dan renyah, cukup pantas untuk ditambahkan kedalam menu diet kita.

Tanaman wortel telah dibudidayakan di seluruh dunia, untuk diambil akar tunggang nya. Tanaman ini adalah tanaman dua tahunan, dan akan berbunga selama tahun kedua dalam kehidupannya. Namun, secara umum seluruh tanaman wortel dipanen sebelum mencapai 2 tahun waktu hidupnya, ketika akar telah mencapai diameter sekitar satu inci .

Wortel sangat bervariasi dalam bentuk dan warnanya, tergantung pada jenis varietasnya. Pada umumnya, akar tunggang panjang, ujung atas rata dengan meruncing, dan ujung bawah seperti ekor. Wortel adalah tanaman musim dingin di banyak bagian di negara-negara Asia. Wortel Eropa,  lebih bulat dengan ujung hampir silindris. Selain itu,  wortel Eropa terdiri dari berbagai warna, yaitu  oranye terang kontras .

 

Kandungan Gizi Wortel

Menurut dpertemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.

Antioksidan

Sayuran ini memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupapakan sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved