Jangan Salah, Ternyata ini Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Tanggal: 8 Feb 2018 16:17 wib.
Tampang.com - Siapa sangka bahwa air tebu ini ternyata banyak manfaatnya. Sekilas tebu memang seperti bambu, namun ternyata air yang dikandungnya tersebut banyak mengandung karbohidrat, protein, dan mineral (fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium). Tak hanya itu Air tebu pun mengandung vitamin, antioksidan, sukrosa, fruktosa, dan banyak varietas glukosa lainnya yang mencapai 13 gram serat makanan. Selain itu air tebu pun terdapat serat makanan dan menyediakan senyawa polifenol yang baik unutk kesehatan dan mengurangi stres oksidatif.

Menurut pakar kesehatan, Minum air tebu ternyata lebih sehat dari pada mengonsumsi gula. Karena air tebu sendiri adalah minuman manis alami yang diproses secara tepat. Gula yang diekstrak pun hanya mengandung 15 kalori saja. Andisa Shabrina pernah menuliskan manfaat air tebu ini dalam hellosehat.com yang Data medisnya telah direview oleh dr. Yusra Firdaus, setidaknya ada 10 manfaat yang dapat kita dapatkan dari air tebu ini, yakni sebagai berikut

Memelihara kulit

Kandung Air yang dalam batang tebu ternyata mengandung asam glikolat, dimana zat ini dapat memberikan efek antioksidan pada bagian kulit kita. Bila kita mengonsumsi air tersebut secara teratur, maka asam glikolat tersebut dapat membersihkan radang dan infeksi kulit. Tak hanya itu ia pun dapat mempercantik penampilan kulit, dan juga meminimalisir tanda-tanda penuaan .

Menguatkan Kepadatan tulang

Air tebu sendiri ternyata dapat meningkatkan kadar kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan mangan dalam tubuh kita. Zat-zat tersebut merupakan Sumber mineral yang merupakan komponen penting dalam memperkuat tulang kita. Dengan kata lain, air tebu dapat mengurangi risiko osteoporosis. Dengan Mengonsumsi air tebu secara teratur maka tulang kita akan tetap kuat walaupun usia bertambah

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi air tebu secara murni, maka hal itu sebenarnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, baik itu kolesterol LDL maupun trigliserida. Tak hanya itu, air tebu murni pun dapat melindungi jantung kita dari risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Mengatur pola stres dan membuat tidur lebih nyenyak

Kandungan lainnya dalam air tebu ialah adanya asam amino, dimana zat ini efektid  menyeimbangkan kadar hormon stres. Sehingga kita pun dapat lebih mengelola dan mengatur pola stress. Tak hanya itu, asam amino ini ternyata ampuh mengatasi masalah sulit tidur (insomnia). Sehingga ketika kita mengonsumsi air tebu, maka  tidur kita pun akan lebih nyenyak dan pikiran kita akan lebih tenang.

Menyeimbangkan tekanan darah

Air tebu pun mengandung kalium, dimana zat ini mampu meminimalisir ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga tekanan darah pun dapat dikendalikan secara efektif. Tak hanya itu kalium ini pun dapat menurunkan dan menyeimbangkan  tekanan darah, sehingga kita akan terhindar dari risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Air tebu mengadun vitamin C dan antioksidan yang tinggi, sehingga dua kandung ini dapat membantu merangsang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sitem kekebalan menguata maka kita pun akan terhindar dari infeksi, terlebih infeksi pada lambung, hati, dan saluran pernapasan. Tak hanya itu zat tersebut pun meminimalisir timbulnya penyakit kronis seperti halnya kanker prostat dan kanker payudara.

Memelihara kesehatan ginjal

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa air tebu ternyata mempunyai fungsi detoksifikasi tubuh, dengan begitu ia dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih dan batu ginjal . tak hanya itu air tebu pun dapat melindungi fungsi pada pusat detoksifikasi tubuh, sehingga kesehatan ginjal pun dapat terjaga.

Pengganti gula pasir untuk penderita diabetes

Bagi anda penderita diabete, kita tak perlu khawatir mengkonsumsi air tebu, karena Air tebu ini mengandung gula alami yang mempunyai indeks glikemik yang rendah, dari pada gula olahan lainnya. Sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Namun ini khusus Bagi yang tidak memiliki diabetes tipe 2, karena air tebu hanya dapat menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah saja, dan itu pun bila dikonsumsi secukupnya. Namun, jika ternyata kita memiliki diabetes tipe 2, maka ada baiknya kita konsultasikan dengan dokter sebelum akhirnya mengonsumsi air tebu sebagai pengganti gula.

Menambah energi tubuh

Air tebu kaya akan glukosa alami yang efektif membantu meningkatkan energi pada tubu. Selain itu air tebu pun mengandung senyawa aktif dan glukosa alami yang juga efektif meningkatkan energi untuk tubuh. Ketika musim panas, air tebu ini menjadi salah satu penambah energi yang paling besar, karena Glukosa dan senyawa elektrolit dalam tebu tersebut dapat meningkatkan energi dan mendorong metabolisme dalam tubuh.

Memelihara kandungan ibu hamil

Para peneliti biasanya akan menyarankan ibu yang tengah hamil agar mengonsumsi air tebu. Karena air tebu sendiri dapat meningkatkan metabolisme, memperbaiki pencernaan, dan mengurangi gejala morning sickness. Indeks glikemiknya yang rendah pada air tebu dapat memberikan energi sepanjang hari untuk ibu hamil. Tak hanya itu pun efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dengan cara alami, sehingga membantu menghilangkan gejala sembelit dan keluhan lainnya yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

Dari pemaparan di atas, kita harus tetap hati-hati, karena ketika air tebu ini dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping negatif seperti sakit kepala, gangguan pada perut, mual, pusing, memperburuk gangguan perdarahan dan meningkatkan gejala insomnia. Idealnya kita hanya dianjurkan minum satu gelas saja per hari dan itu merupakan batas aman dari mengonsumsi air tebu. [De/Red]
Copyright © Tampang.com
All rights reserved