Jangan Minum Teh Jika Perut Masih Kosong, Pokoknya Jangan!

Tanggal: 9 Mar 2018 14:07 wib.
Tampang.com - Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi teh di pagi hari. Biasanya, perut masih dalam keadaan kosong.

Teh memang dapat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Namun, sebaiknya dilakukan ketika perut telah terisi.

Hal ini karena ada beberapa efek yang terjadi ketika kamu mengkonsumsi teh dalam keadaan perut kosong. Berikut beberapa masalah yang dapat terjadi.

Membuat dehidrasi tubuh

Teh bersifat diuretik. Meminumnya di pagi hari bisa meningkatkan risiko dehidrasi tubuh dan penyebab kram otot.

Menyebabkan kembung

Banyak orang yang merasa kembung saat minum teh susu di pagi hari. Hal ini terjadi karena kandungan laktosa tinggi dalam susu bisa mempengaruhi kesehatan usus dan lambung yang pada gilirannya menyebabkan sembelit dan perut bergas.

Mual

Minum teh setelah kamu bangun tidur akan mempengaruhi aktivitas empedu di perut yang menyebabkan kamu mual.

Mengganggu aktivitas metabolik

Minum teh saat perut kosong di pagi hari bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh karena menyebabkan ketidakseimbangan zat asam dan basa di perut.

Pusing

Sama seperti kopi, teh juga mengandung kafein. Lonjakan kafein yang terjadi karena kamu minum teh saat perut kosong bisa menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, dan rasa tidak nyaman lainnya.

Merusak gigi

Minum teh ketika perut kosong juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Sebabnya terjadi peningkatan kadar asam di mulut yang pada akhirnya membuat terjadi erosi di enamel gigi.

Mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh

Minum teh hijau ketika perut kosong akan menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi secara alami. Sehingga mereka yang sedang menderita anemia tidak seharusnya minum teh di pagi hari sebab bisa memperparah penyakit yang mereka derita.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved