Jangan Melulu Salahkan Makanan, Kebiasan Ini Picu Kolesterol Tinggi

Tanggal: 10 Nov 2017 21:22 wib.
Kolesterol yang tinggi biiasanya dikaitkan dengan makanan yang dikonsumsi penderitanya. Misalnya makanan yang digoreng dan daging yang penuh lemak.

Namun ternyata tak melulu soal makanan, kebiasaan sehari-hari yang kurang tepat juga turut andil menjadi penyebab meningkatnya kolesterol.

Seperti yang dilansir dari health.com, rupanya kebiasaan ini lah yang menyebabkan tinggi kolesterol seseorang.

1. Kurang olahraga

Orang yang kurang bahkan tidak berolahraga sama sekali sudah dapat dipastikan tubuhnya tidak sesehat yang rutin berolahraga. Olahraga bukan hanya untuk menjaga kebugaran atau bisa menurunkan berat badan, namun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang dapat menyaingi keberadaan kolesterol jahat (LDL).

2. Tidak memerhatikan kandungan nutrisi makanan

Anda bisa jadi menghindari makanan tinggi kolesterol seperti gorengan dan daging berlemak, tetapi kurang memerhatikan nilai gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan kemasan.

Misalnya susu. Minuman ini baik bagi kesehatan tulang karena mengandung kalsium. Namun jika melihat nilai gizinya, susu mengandung lemak yang bisa memperburuk kolesterol.

Pada tahun 2015, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah memerintahkan seluruh produsen untuk berhenti menggunakan lemak trans. Maka, sebelum dikonsumsi, periksa lah tabel nilai gizi suatu makanan terlebih dahulu.

3. Obesitas

Jika Anda memiliki indeks massa tubuh lebih dari 30, itu tandanya Anda berisiko tinggi untuk memiliki kolesterol jahat (LDL) yang cukup tinggi serta kadar kolesterol baik (HDL) yang rendah.

4. Merokok

Benar yang dikatakan iklan, bahwa merokok akan membunuhmu! Jika Anda masih memiliki kebiasaan merokok, maka akan memengaruhi kolesterol di dalam tubuh.

Rokok akan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, yang berarti bahwa kadar kolesterol jahat (LDL) dapat dengan mudah meningkat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved