Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Perut Sedang Kosong

Tanggal: 30 Agu 2017 16:08 wib.
"Anda adalah apa yang Anda makan" adalah pepatah yang dikenal semua orang. Tapi apa yang kita lakukan sebelum makan juga memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan kita.

Berikut adalah hal yang tidak dapat Anda lakukan dengan perut kosong (tidak kurang dari 2 jam setelah makan terakhir Anda). Sebagai bonus, Anda akan menemukan informasi tentang apa yang dapat Anda lakukan saat Anda lapar di akhir artikel.

Minum obat antiinflamasi

Aspirin, parasetamol, dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (NSAID) tidak dapat dikonsumsi saat perut kosong. Tidak hanya mengurangi keefektifannya namun juga menyebabkan masalah kesehatan yang serius (seperti pendarahan lambung) juga.

Minum kopi

Bahkan kopi tanpa kafein merangsang produksi asam yang bisa menyebabkan mulas dan masalah saluran pencernaan lainnya jika diminum saat perut kosong. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan kekurangan serotonin dan suasana hati yang suram sepanjang sisa hari itu.

Saran: Jika Anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan minum kopi pagi-pagi, konsumsilah dengan susu atau krim: lemak susu akan mengurangi efek negatifnya.

Mengunyah permen karet

Asam pencernaan yang dihasilkan saat Anda mengunyah permen karet dapat melukai lapisan perut yang kosong; Overindulgensi dengan permen karet bisa menyebabkan gastritis. Hal ini juga terbukti secara ilmiah bahwa orang yang mengunyah permen karet lebih suka junk food (kentang goreng, permen) daripada buah dan sayuran.

Saran: Mengunyah permen karet yang mengandung pemanis alami (xylitol, sorbitol) kurang berbahaya dibandingkan dengan gula, siklamat, atau aspartam. Hindari mengunyah permen karet selama lebih dari 10 menit, bahkan pada perut penuh.

Tidur

Kelaparan dan kadar glukosa yang rendah mencegah kita tertidur dan menyebabkan tidur tidak lelap dan cepat terbangun. Menariknya, kurang tidur meningkatkan tingkat hormon kelaparan. Inilah alasan mengapa kita makan lebih banyak pada hari berikutnya setelah melewatkan makan malam.

 Latihan intensif

Ada pendapat bahwa berolahraga dengan perut kosong membakar lebih banyak kalori. Sebenarnya, itu tidak mempengaruhi lemak, namun kehilangan massa otot. Intensitas latihan juga berkurang karena tubuh kekurangan energi.

Saran: Ganti latihan intens dengan latihan aerobik. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, Anda sebaiknya memiliki makanan ringan sebelum melakukan olahraga karena aktivitas fisik menginduksi produksi jus lambung, yang berbahaya bagi perut kosong.

Belanja

Kita semua tahu bahwa kelaparan membuat kita membeli lebih banyak makanan daripada yang sebenarnya kita butuhkan. Padahal, perut kosong membuat kita lebih bergairah meski di toko non-makanan.

Saran: Selain daftar belanja yang dibuat di muka, membayar dengan uang tunai juga bisa membantu Anda menghemat uang. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa orang cenderung menghabiskan lebih sedikit saat mereka membayar dengan uang tunai, bukan kartu kredit.

Minum jus jeruk

Serat asam yang terkandung dalam buah jeruk mengiritasi perut kosong Anda, yang sangat berbahaya bagi mereka yang menderita gastritis atau berisiko mengembangkannya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved