Jangan Benci Hujan, Ini Manfaatnya

Tanggal: 27 Sep 2017 10:19 wib.
Tampang.com - Menikmati hujan sepertinya hanya pernah dirasakan ketika kita kecil. Ketika kita beranjak dewasa, kita justru menghindari hujan. Padahal, ternyata hujan memiliki manfaat untuk kesehatan kita.

Memang, tak menutup kemungkinan bahwa dengan kita kehujanan dan cuaca yang dingin akan sebabkan penyakit menyerang. Namun, menikmati hujan tak selalu harus kita selalu basah. Dikutip dari laman BoldSky, berikut beberapa manfaat hujan.

1. Membantu menghidrasi tubuh ketika diminum

Satu studi juga mengatakan bahwa air hujan dapat dikonsumsi. Tapi hanya jika dikumpulkan dalam wadah bersih dari tempat air hujan langsung berasal dari langit tanpa menyentuh permukaan atau lapisan udara yang terpolusi.

2. Kelembaban udara saat hujan bagus untuk kulit

Kelembaban di udara yang mengikuti cuaca hujan sangat baik untuk kulit Anda. Ketika tingkat kelembaban lebih tinggi, virus tertentu yang ada di udara tidak akan mengancam kita.

3. Mengisi paru-paru dengan udara yang lebih segar

Sebuah studi menunjukkan bahwa udara saat hujan lebih sehat untuk dihirup. Sebelum hujan mulai, udara juga menjadi segar dan bersih. Curah hujan akan menggeser racun di udara bersama debu dan polutan lainnya.

4. Menenangkan diri dengan aroma hujan yang khas

Beberapa orang bisa merasa lebih bahagia saat mencium bau hujan. Mengapa demikian? Ilmuwan menyebut aroma khas tersebut sebagai 'petrichor' hujan. Aroma tersebut berasal dari beberapa bahan kimia yang dilepaskan bakteri tanah sesaat hujan mulai turun. Tanaman juga cenderung melepaskan zat tertentu yang menyumbang aroma menenangkan tersebut.

5. Sifat alkali air hujan bermanfaat ketika diserap tubuh

Periset percaya bahwa air hujan bersifat alkali atau basa. Ketika terserap dalam tubuh, sifat alkali ini bisa mendetoksifikasi dan meningkatkan fungsi pencernaan. Air alkali juga bisa menyeimbangkan pH darah, sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh
Copyright © Tampang.com
All rights reserved