Jangan Anggap Remeh Bila Tubuh Kekurangan Kalsium dan Kenali Tandanya

Tanggal: 5 Feb 2021 14:27 wib.
Kalsium adalah salah satu mineral yang penting bagi tubuh di mana tubuh membutuhkan kalsium untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Kegunaan dari kalsium yang lainnya untuk menunjang kinerja berbagai organ vital termasuk pada organ jantung. Setiap orang membutuhkan kalsium  yang berbeda-beda, tergantung usia seseorang. Dengan semakin bertambah usia seseorang maka kebutuhan akan kalsium akan semakin meningkat. Kekurangan kalsium pada tubuh bisa berdampak luas seperti pada otot, tulang dan gigi juga kesehatan mental. Pada saat tubuh kekurangan kalsium maka tubuh akan mengambil sisa kalsium yang ada di tulang belakang sehingga mengakibatkan tulang menjadi rapuh serta mudah cedera. 

Kenali beberapa tanda jika tubuh kekurangan kalsium :


Masalah otot


Orang yang kekurangan kalsium biasanya merasakan rasa sakit pada paha, lengan, ketiak, saat sedang berjalan. Selain itu otot sakit dan kram juga kejang sebagai tanda pertama kekurangan kalsium. Kekurangan kalsium bisa menimbulkan rasa kesemutan dan rasa mati pada lengan, tangan, kaki dan sekitar mulut.


Merasa kelelahan luar biasa


Tanda lainnya tubuh kekurangan kalsium bisa menyebabkan susah tidur sehingga kurang beristirahat. Keadaan tersebut memberikan dampak tubuh menjadi letih, lesu, kurang energi, sangat lelah dan mudah marah. Rasa lelah yang berlebihan tersebut karena kekurangan kalsium. Keadaan demikian bisa menyebabkan sakit kepala ringan, tidak fokus, mudah lupa dan sering kebingungan.


Kesehatan kulit dan kuku terganggu


Kekurangan kalsium bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal-gatal. Yang lebih dari itu, bisa menyebabkan penyakit kekurangan kalsium atau hipokalsemia, lebih sering menyebabkan penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim. Kuku menjadi kering dan mudah patah serta rapuh akibat kekurangan kalsium yang lainnya.


Nyeri PMS


Pada sebuah studi akibat kekurangan kalsium dan vitamin D menyebabkan sindrom pramenstruasi yang terasa lebih mengganggu. Oleh karena itu wanita disarankan mengkonsumsi cukup kalsium sebelum memasuki PMS agar haid tidak terasa nyeri atau mengganggu.


Masalah mulut


Ketika tubuh kekurangan kalsium, salah satu tanda yang paling terlihat yaitu masalah mulut. Bila tubuh kekurangan kalsium menyebabkan akar gigi menjadi lemah dan gusi mudah teriritasi hingga gigi menjadi rapuh. Hal tersebut karena tubuh termasuk pada mulut membutuhkan kalsium agar tetap sehat.


Depresi


Kekurangan kalsium bisa menyebabkan berbagai gangguan atau masalah kesehatan fisik yang memicu kesehatan mental. Salah satunya depresi yang membuat gangguan suasana hati. Agar dapat memastikan bila depresei yang terjadi akibat kekurangan kalsium, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Itulah tanda-tanda bila tubuh mengalami keadaan kekurangan kalsium. Dan agar tubuh tidak kekurangan kalsium maka sebaiknya konsumsi berbagai makanan yang kaya akan zat kalsium seperti keju, susu, yoghurt, bayam. lobak, kubis dan kacang kedelai.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved