Sumber foto: Google

Jamur Hitam Bagaimana Cara Mengobatinya dan Seberapa Berbahayakah Jamur Ini di Rumah ?

Tanggal: 12 Mar 2024 22:32 wib.
Paparan jamur dapat menyebabkan penyakit pernafasan, alergi dan asma, dan terkadang bisa berakibat fatal.

Pada tahun 2020, Awaab Ishak yang berusia dua tahun meninggal setelah lama terpapar jamur di rumahnya di Rochdale. Berdasarkan proposal baru pemerintah, yang disebut “hukum Awaab”, tuan tanah perumahan sosial di Inggris dapat dipaksa untuk memperbaiki properti yang berjamur dengan lebih cepat.


Apa itu cetakan hitam?


Jamur - kadang-kadang disebut dengan ejaan Amerika - adalah jamur mikroskopis yang tumbuh di tempat lembab. Spora jamur ditemukan di mana-mana dan dilepaskan dalam jumlah ribuan ke atmosfer. Tanda-tanda jamur di rumah antara lain bercak hitam, putih, atau hijau kabur di dinding, serta bau lembap dan apek.


Bisakah jamur hitam mempengaruhi kesehatan Anda dan apa saja gejalanya?


Orang yang hidup dengan jamur lebih mungkin menderita penyakit pernafasan, infeksi, alergi atau asma . Menghirup atau menyentuh spora jamur yang terlepas ke udara dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti bersin, pilek, mata merah, dan ruam kulit. Jamur juga dapat memicu serangan asma dan menyebabkan batuk, mengi, dan sesak napas.

Setiap tahun, NHS di Inggris menghabiskan sekitar £1,4 miliar untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan tinggal di perumahan yang dingin atau lembab, menurut badan penelitian BRE. Mereka yang lebih berisiko terkena jamur adalah orang lanjut usia, anak-anak dan bayi, serta orang-orang yang menderita penyakit pernapasan dan beberapa masalah kulit.


Apa penyebab timbulnya jamur di rumah dan bagaimana cara menghilangkannya?


Kondensasi adalah penyebab utama jamur di rumah-rumah di Inggris. Ini paling sering terjadi di bagian rumah yang tingkat kelembapannya tinggi: kamar mandi, dapur, dan di sekitar jendela. Saat udara mendingin, uap air terbentuk menjadi tetesan air saat bersentuhan dengan permukaan rumah yang bersuhu di bawah yang dikenal sebagai titik embun. Permukaan ini dapat mencakup dinding atau jendela luar yang tidak berinsulasi. Jika tidak ditangani, permukaan dapat menjadi lembap dan menyebabkan tumbuhnya jamur.

Properti yang lebih tua dan insulasinya buruk lebih rentan terhadap hal ini. Jamur juga dapat disebabkan oleh aktivitas sehari-hari yang menghasilkan kelembapan berlebih seperti mandi, memasak, dan mengeringkan cucian di dalam ruangan. Mandi sebentar dan menyeka permukaan setelahnya dapat membantu, begitu pula dengan meningkatkan ventilasi dan membuka jendela dapur atau menggunakan kipas ekstraktor saat memasak. Penting juga untuk memeriksa pipa atau talang yang bocor yang dapat memperburuk masalah.


Hak apa yang dimiliki penyewa jika rumahnya berjamur?


Tuan tanah swasta dan sosial mempunyai tanggung jawab untuk memastikan rumah aman dan dalam kondisi baik . Di properti sewaan swasta dan sosial, merupakan tanggung jawab pemilik rumah untuk memperbaiki masalah jamur yang disebabkan oleh pemeliharaan yang buruk, menurut badan amal perumahan Shelter .

Jika jamurnya sangat parah sehingga rumah Anda tidak layak huni, maka Anda dapat digolongkan sebagai tunawisma dan berhak mendapatkan akomodasi darurat. Namun tuan tanah mungkin tidak bertanggung jawab jika ada bukti bahwa penyewa tidak memberikan ventilasi pada rumah dengan benar. Walikota berjanji akan memberantas tuan tanah yang nakal, Apa yang disampaikan kematian Awaab Ishak kepada kita mengenai perumahan di Inggris?

Siapakah Awaab Ishak?

Pada Desember 2020, Awaab Ishak yang berusia dua tahun meninggal setelah lama terpapar jamur di rumahnya. Dia tinggal di sebuah flat satu kamar tidur di Rochdale bersama ayahnya Faisal Abdullah dan istri Faisal, Aisha Amin.

Abdullah melaporkan adanya jamur yang berkembang di flat tersebut kepada asosiasi perumahannya, Rochdale Boroughwide Housing (RBH), pada tahun 2017, namun diminta untuk mengecatnya. 

Pada Juni 2020, dia menginstruksikan pengacara untuk mengajukan klaim atas jamur yang berulang tersebut, tetapi perbaikan harus menunggu hingga kasusnya diselesaikan. Awaab dibawa ke Rochdale Urgent Care Center pada 19 Desember tahun itu karena sesak napas, dan meninggal beberapa hari kemudian setelah menderita serangan pernapasan dan jantung.


Apa yang harus dilakukan tuan tanah terhadap jamur berdasarkan "hukum Awaab"?


Pemerintah telah mengumumkan rencana untuk memastikan penyedia perumahan sosial di Inggris mengatasi bahaya seperti kelembapan dan jamur dengan lebih cepat. Tuan tanah sosial harus menyelidiki masalah dalam waktu 14 hari dan mulai memperbaikinya dalam tujuh hari berikutnya. Perbaikan darurat harus dilakukan dalam waktu 24 jam. Tuan tanah yang tidak mematuhinya dapat dibawa ke pengadilan dan diperintahkan untuk membayar kompensasi. Konsultasi mengenai proposal ditutup pada tanggal 5 Maret. Pemerintah sebelumnya mengatakan akan memberlakukan Undang-undang Awaab "sesegera mungkin" setelah konsultasi.


Bagaimana posisinya di wilayah lain di Inggris?


Di Wales , direktur Perumahan dan Regenerasi meminta para tuan tanah sosial untuk menyampaikan tanggapan mereka terhadap isu-isu yang disoroti oleh kematian Awaab.

Empat organisasi perumahan terkemuka di Skotlandia mengeluarkan panduan terbaru tentang bagaimana sektor perumahan sosial harus merespons kelembapan dan jamur.

Pada bulan Maret 2024, Pengacara Thompsons mengatakan pihaknya meluncurkan tindakan hukum atas nama 41 klien . Dikatakan bahwa penyakit mereka diperburuk oleh kondisi lembab di perumahan sosial yang disediakan oleh tiga asosiasi perumahan dan otoritas lokal di seluruh Skotlandia. Pada bulan Desember 2022, badan yang mewakili asosiasi perumahan Irlandia Utara mengatakan para anggotanya sedang "meninjau pendekatan mereka untuk mengatasi jamur dan kelembapan".
Copyright © Tampang.com
All rights reserved